KONSEP PARENTING DALAM KISAH LUQMAN AL-HAKIM (ANALISIS QS. LUQMAN :13-19) DAN KONTEKSTUALISASINYA DI ERA PANDEMI COVID-19

Septiani, NIM 17105030095 (2021) KONSEP PARENTING DALAM KISAH LUQMAN AL-HAKIM (ANALISIS QS. LUQMAN :13-19) DAN KONTEKSTUALISASINYA DI ERA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PARENTING DALAM KISAH LUQMAN AL-HAKIM (ANALISIS QS. LUQMAN :13-19) DAN KONTEKSTUALISASINYA DI ERA PANDEMI COVID-19)
17105030095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PARENTING DALAM KISAH LUQMAN AL-HAKIM (ANALISIS QS. LUQMAN :13-19) DAN KONTEKSTUALISASINYA DI ERA PANDEMI COVID-19)
17105030095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Anak sebagai amanah merupakan salah satu dari pandangan dasar Al-Qur'an terhadap anak mungkin. Anak juga merupakan suatu anugerah yang diberikan Allah SWT kepada kedua orang tuanya, selain dari penyambung keturunan anak juga menjadi harapan dalam sebuah keluarga, yang mana setiap orang tua pasti mengharapkan anak-anaknya menjadi anak yang memiliki akhlak yang mulia, tidak hanya menghormati yang lebih tua melainkan harus menghormati siapapun, baik yang lebih tua ataupun yang lebih muda darinya. Menjadi kewajiban setiap orang tua untuk memberikan pola asuh yang baik terhadap putra dan putrinya, serta menerapkan metode yang sesuai dengan kemampuan anak. Tulisan ini membahas tentang konsep parenting dalam kisah Luqman Al-Hakim (analisis QS. Luqman: 13-19) dan kontekstualisasinya di era pandemi covid-19. Bagaimana metode yang digunakan Luqman dalam mendidik anaknya serta apa saja yang menjadi wasiat Luqman yang terkandung dalam surat Luqman: 13-19. Karena pada kenyataannya fenomena yang terjadi adalah maraknya kekerasan terhadap anak, banyak anak yang terlantar, bahkan banyak orang tua yang mengabaikan hak-hak anaknya akan tetapi selalu menuntut apa yang menjadi kewajiban anak terhadap orang tua. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) berbasis tematik konseptual. Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif-analitis. Sumber data primer adalah ayat Al- Qur'an dan beberapa penafsiran. Dalam kajiannya, penulis mengambil data-data dari tafsir kemudian mengkontekstualisasikan ayat 13-19 dalam surat Luqman tentang konsep parenting anak di era pandemi covid-19. Analisis penulis tidak hanya mengenai wasiat-wasiat Luqman yang berkaitan dengan konsep parenting dalam surat Luqman: 13-19 akan tetapi juga melihat metode yang digunakan Luqman dalam surat tersebut. Metode yang digunakan sebagaimana yang telah dikaji yaitu metode nasehat dan metode pembiasaan. Adapun wasiat-wasiat Luqman yang berkaitan dengan konsep parenting antara lain, pendidikan tauhid (aqidah), berbakti kepada orang tua dan larangan taat kepada orang tua dalam hal kemusyrikan, keimanan, perintah sholat dan larangan mendekati perbuatan mungkar, pendidikan akhlak. Dalam konteks sekarang yakni di era covid-19, parenting yang baik dan benar seakan hilang dan diabaikan. Misalnya mendidik anaknya pada saat proses belajar online selama dirumah, banyak perlakuan orang tua yang tanpa disadari membuat anak merasa tertekan dan tidak nyaman bahkan merasa ketakutan. Seharusnya anak dididik dengan berlandaskan Al- pendidikan aqidah, .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Abdul Mustaqim, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Parenting, Surah Luqman, Covid-19
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Oct 2021 22:10
Last Modified: 11 Oct 2021 22:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45285

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum