CORAK ETIKA FILOSOFIS ABŪ BAKR MUḤAMMAD IBN ZAKARIYYĀ AL-RĀZĪ

Muh. Bahrul Afif, NIM: 18205010011 (2021) CORAK ETIKA FILOSOFIS ABŪ BAKR MUḤAMMAD IBN ZAKARIYYĀ AL-RĀZĪ. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CORAK ETIKA FILOSOFIS ABŪ BAKR MUḤAMMAD IBN ZAKARIYYĀ AL-RĀZĪ)
18205010011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (CORAK ETIKA FILOSOFIS ABŪ BAKR MUḤAMMAD IBN ZAKARIYYĀ AL-RĀZĪ)
18205010011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Distingsi antara filsafat teoretis (al-ḥikmah al-naẓariyyah) dan filsafat praktis (al-ḥikmah al-‘amaliyyah) menunjukkan bahwa kajian filsafat Islam tidak selalu tentang aspek teoretis-metafisik melangit, tetapi juga memberi perhatian yang sama pada aspek praktis. Perhatian pada sisi praktis ini terepresentasikan dalam kajian etika. Salah satu filsuf muslim awal yang memiliki atensi besar terhadap kajian ini adalah Abū Bakr Muḥammad Ibn Zakariyyā al-Rāzī. Dalam sejarah intelektual Islam, al-Rāzī lebih dikenal sebagai pemikir bebas. Kajian terhadapnya pun lebih sering diarahkan kepada pemikirannya yang kontroversial, misalnya tentang kenabian—yang karyanya dalam persoalan tersebut diakui telah hilang—dibandingkan kepada pemikiran etikanya yang karyanya justru masih bertahan dalam keadaan utuh hingga hari ini. Dalam kajian etika, al-Rāzī adalah representasi dari pemikir etika filosofis. Secara umum hal ini dapat diterima. Namun, ketika lebih lanjut menilai kecenderungan filosofisnya, maka akan muncul perbedaan pendapat mengenai hal tersebut. Berkaitan dengan hal ini, ada dua klaim tentang corak etika filosofisnya. Pertama, pandangan bahwa corak etika filosofis al-Rāzī adalah Platonisme yang diwakili oleh Majid Fakhry. Kedua, pandangan yang mengatakan bahwa etika al-Rāzī bercorak Epikureanisme sebagaimana yang menjadi pendirian Lenn Evan Goodman. Maka, penelitian ini bertolak dari perbedaan pandangan tersebut. Penelitian ini dianggap penting dilakukan untuk memberi kontribusi dalam menentukan kecenderungan corak etika filosofisnya. Penelitian yang berjenis kajian kepustakaan (library research) ini dilakukan dengan menggunakan perspektif Segitiga Etika yang menyoroti dimensi tujuan, sarana dan tindakan dalam etika al-Rāzī. Secara garis besar, penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu pengumpulan data dan pengolahan data dengan menggunakan metode analisis yang terdiri dari reduksi data, pengelompokan data, displai data serta interpretasi dan pengambilan simpulan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, baik Fakhry maupun Goodman masing-masing memiliki argumen yang dijadikan dasar dalam menentukan kecenderungan corak etika filosofis al-Rāzī. Dari argumen-argumen tersebut, garis besar pandangan mereka dibedakan berdasarkan aspek etis tertentu yang dijadikan sebagai sorotan utama. Fakhry lebih menyoroti aspek psikologis pemikiran etika al-Rāzī, sedangkan Goodman lebih menitiktekankan pada aspek fisiologis. Dengan kata lain, keduanya—menurut penulis—dapat dikatakan menilai pemikiran etika al-Rāzī secara parsial. Kedua, berdasarkan pembacaan terhadap karya-karya etika al-Rāzī dengan perspektif Segitiga Etika, diperoleh simpulan: dimensi tujuan dalam permikirannya berkaitan dengan keadaan natural (al-ḥālah al-ṭabī‘iyyah); dimensi sarana berkaitan dengan akal; dan dimensi tindakan berkaitan dengan asketisisme. Dimensi tujuan—khususnya berkaitan dengan pandangannya tentang kesenangan—dan dimensi sarana, dapat dikatakan xv didominasi oleh pandangan Platonisme. Namun, dari segi dimensi tindakan, yaitu berkaitan dengan aturan tindakan moral yang dirumuskan, pengaruh corak Epikureanisme terlihat sangat jelas. Dengan demikian, penulis dalam hal ini lebih cenderung untuk mengarahkan etikanya kepada kedua corak filosofis tersebut, yaitu bercorak Platonisme-Epikureanisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imam Iqbal, S.Fil.I, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Etika, al-Rāzī, Platonisme, Epikureanisme
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2) > Filsafat Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Oct 2021 10:19
Last Modified: 13 Oct 2021 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45352

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum