UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 WONOSOBO PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19

Anu’ma Syifaus Safa’ah, NIM.: 17104010084 (2021) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 WONOSOBO PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 WONOSOBO PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19)
17104010084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 WONOSOBO PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19)
17104010084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya pandemi yang membuat segala aktivitas harus dilakukan dari rumah, termasuk sekolah. Seluruh peserta didik harus belajar dari rumah karena pembelajaran tatap muka ditiadakan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Adanya pembelajaran daring masih banyak menimbulkan kendala dan berakibat pula pada minat belajar siswa. Oleh karenanya, perlu diteliti tentang upaya guru dalam meningkatkan minat belajar PAI di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMAN 1 Wonosobo dengan guru PAI sebagai subyek penelitian. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan metode triangulasi dan bahan referensi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI adalah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, di antaranya; metode ceramah, metode diskusi, dll. Selain itu, guru memberikan motivasi belajar, saling terbuka dengan siswa untuk memberikan masukan terhadap pembelajaran yang telah berlangsung, mengoptimalkan media pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran, dan menjalin kerja sama dengan guru lain untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wonosobo. 2) Faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wonosobo adalah komunikasi yang baik antara guru dengan siswa, bahan ajar yang memadai, dan dukungan dari seluruh elemen sekolah. Sedangkan faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah persiapan materi pelajaran yang sangat menguras energi guru, kurangnya alokasi waktu, kendala teknis, dan lingkungan belajar yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch. Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: srategi belajar; Pendidikan Agama Islam; Pandemi covid-19
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Covid-19
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 02 Dec 2021 10:20
Last Modified: 02 Dec 2021 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45382

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum