DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA KONVEKSI MASYARAKAT DI DESA MAJAN, KEC KEDUNGWARU KAB TULUNGAGUNG

Muhammad Ersan Rifa'i, NIM. 99232732 (2004) DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA KONVEKSI MASYARAKAT DI DESA MAJAN, KEC KEDUNGWARU KAB TULUNGAGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA KONVEKSI MASYARAKAT DI DESA MAJAN, KEC KEDUNGWARU KAB TULUNGAGUNG)
99232732_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA KONVEKSI MASYARAKAT DI DESA MAJAN, KEC KEDUNGWARU KAB TULUNGAGUNG)
99232732_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan industri kecil usaha konveksi ini memiliki peranan yang strategis dimana merupakan faktor kunci bagi penyerapan tenaga kerja yang berada di Desa Majan dan sekitarnya sehingga memungkinkan terjadinya pusat pengembangan ekonomi di desa tersebut yang membantu menciptakan kondisi keamanan atau stabilitas politik dan sosial. Peranan Disperindag sebagai fasilitator pendamping dalam proses pemberdayaan melalui pembinaan dan pengembangan industri kecil pengusaha konveksi dengan memberikan kesempatan, dukungan dan perlindungan bagi pengusaha semakin dapat membangkitkan semangat dan meningkatkan kemampuan pengusaha dalam berproduksi dan mengembangkan usahanya. Proses pemberdayaan pengusaha konveksi melalui upaya Disperindag dengan pemberian bantuan perangkat Junak (soft ware) dan perangkat keras (hard ware) sesuai dengan kendala-kendala yang dihadapi pengusaha sehingga dapat membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi pengusaha terse but dan meningkatkan produktivitasnya. Upaya Disperindag dalam proses pemberdayaan pengusaha konveksi ersebut temyata juga direspon secara positif oleh para pengusaha konveksi. Hal ini nampak dari semangat yang tinggi dari pengusaha untuk mengoptimalkan potensi dirinya dengan keuletan, ketekunan, dan kesabarannya dalam mengembangkan usahanya yang salah satunya diwujudkan melalui keaktifannya hadir dalam mengikuti berbagai penyuluhan yang diberikan oleh Disperindag, meskipun penyuluhan tersebut waktu pelaksanaannya adalah antara pukul 09.00 WIB s/d 12.00 WIB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mokh Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Usaha Konveksi, Masyarakat Desa Majan, Kedungwaru, Tulungagung
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Oct 2021 13:16
Last Modified: 14 Oct 2021 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45411

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum