REKRUTMEN DAN SELEKSI ANGGOTA PADA KOMUNITAS SUKA TV DI PUSAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAKWAH (PPTD) TAHUN 2019-2020

Anggi Silfiana, NIM 17102040107 (2021) REKRUTMEN DAN SELEKSI ANGGOTA PADA KOMUNITAS SUKA TV DI PUSAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAKWAH (PPTD) TAHUN 2019-2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REKRUTMEN DAN SELEKSI ANGGOTA PADA KOMUNITAS SUKA TV DI PUSAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAKWAH (PPTD) TAHUN 2019-2020)
17102040107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (REKRUTMEN DAN SELEKSI ANGGOTA PADA KOMUNITAS SUKA TV DI PUSAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAKWAH (PPTD) TAHUN 2019-2020)
17102040107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

SUKA TV adalah organisasi penyiaran yang berbasis komunitas televisi kampus yang merupakan bagian dari Pusat Pengembangan Teknologi Dakwah (PPTD), Fakultas Dakwah dan Komunikasi. SUKA TV secara rutin pada penerimaan mahasiswa-mahasiswi baru selalu membuka open rekrutmen untuk calon kru sebagai anggota komunitasnya dengan sebutan Gen diikuti angkatan diterimanya Gen tersebut. Tahun 2019-2020 SUKA TV membuka rekrutmen untuk Gen 12. Sebagai organisasi SUKA TV menggunakan rekrutmen dan seleksi yang berbeda dibandingkan anggota komunitas lainnya. Perekrutan dilakukan untuk mendapatkan anggota yang berkualitas yang mampu saling bekerjasama dan mengembangkan diri demi kemajuan organisasi kedepannya. Hal inilah yang menarik peneliti untuk meneliti judul diatas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber penarikan eksternal dari Marwansyah dan tahapan seleksi menggunakan teori Malayu Hasibuan.Obyek penelitian ini adalah seluruh kegiatan yang berkaitan dengan rekrutmen dan seleksi anggota pada komunitas SUKA TV. Metode pengumpulan data melalui 3 hal yaitu wawancara dan dokumentasi dan observasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan rekrutmen dan seleksi anggota pada komunitas SUKA TV di Pusat Pengembangan Teknologi Dakwah (PPTD) sudah terbilang baik. Informasi melalui narahubung yang tersedia dan dengan adanya stand khusus yang didirikan selama rekrutmen membantu calon kru selama proses rekrutmen. Sumber penarikan yang digunakan adalah eksternal melalui iklan menggunakan Instagram, melalui internet google form, rekrutmen acara khusus yaitu sosialisasi pembelajaran dan referensi karyawan anggota SUKA TV. Tahapan seleksi menurut Malayu Hasibuan telah digunakan oleh SUKA TV 5 dari 8 tahapan yang ada. Informasi pada tiap tahapan juga disampaikan melalui grup khusus Gen 12 agar semua rangkaian tahapan yang diberikan dapat terikuti. Namun kru yang mengikuti seleksi bisa menurun jumlahnya berdasarkan kesanggupan individu menyelesaikan tes pada tiap tahapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Andy Dermawan, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen, Seleksi, SUKA TV.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Oct 2021 01:41
Last Modified: 19 Oct 2021 01:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45603

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum