PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK MELALUI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI PAUD FAJAR CEMERLANG PRAPAG LOR LOSARI BREBES

Labibah Diana, NIM.: 17104030031 (2021) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK MELALUI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI PAUD FAJAR CEMERLANG PRAPAG LOR LOSARI BREBES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK MELALUI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI PAUD FAJAR CEMERLANG PRAPAG LOR LOSARI BREBES)
17104030031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK MELALUI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI PAUD FAJAR CEMERLANG PRAPAG LOR LOSARI BREBES)
17104030031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang Masalah penelitian ini yaitu rendahnya literasi anak Indonesia yang ditunjukkan oleh penelitian-penelitian yang dilakukan oleh Word’s Most Literate Nasions Rangked, Indonesian National Assesment Programme, dan Programme for International Student Assesment. Sehingga perlu diperhatikan secara khusus oleh bangsa Indonesia sendiri. Upaya pengembangan kemampuan literasi anak dapat dilakukan di rumah maupun di sekolah. Pada studi pendahuluan yang telah dilakukan peneliti di PAUD Fajar Cemerlang, kemampuan literasi anak-anaknya terbilang cukup baik, maka dari itu peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang strategi apa yang dilakukan oleh guru sehingga mampu mengembangkan kemampuan literasi anak-anak dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi anak di PAUD Fajar Cemerlang, mengetahui kegiatan belajar mengajar di PAUD Fajar Cemerlang, dan untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam mengembangkan kemampuan literasi anak melalui kegiatan belajar mengajar di PAUD Fajar Cemerlang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di PAUD Fajar Cemerlang Prapag Lor Losari Brebes. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data lalu memverifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian pengembangan kemampuan literasi anak melalui kegiatan belajar mengajar menunjukkan bahwa literasi anak di PAUD Fajar Cemerlang khususnya kelas B sudah cukup baik. Anak-anak mampu menulis dan membacakan namanya masing-masing sesuai dengan indicator dan standar kemampuan literasi anak yang tercantum pada permendikbud nomor 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Adapun kegiatan belajar mengajar di PAUD Fajar Cemerlang dilaksanakan setiap hari, mulai hari senin-sabtu. Kegiatan pada hari senin dan selasa di isi penuh dengan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, sedangkan hari rabu-sabtu kegiatan belajar mengajar dilaksanakan setelah kegiatan lainnya terlaksana. Kegiatan lain yang di maksud yaitu, praktik sholat, mengaji, juga olahraga. Pengembangan kemampuan literasi dilakukan dengan berbagai strategi melalui berbagai metode, metode yang digunakan dalam pengembangan kemampuan literasi di PAUD Fajar Cemerlang yaitu, metode bermain sambil belajar, metode bercerita, metode membaca dan menulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hibana, S. Ag., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Literasi, Kegiatan Belajar Mengajar
Subjects: Literasi Informasi
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Oct 2021 16:08
Last Modified: 29 Oct 2021 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45793

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum