EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP IT IQRA MEDAN

Yusuf Iqbal Syahputra, NIM.: 17104090041 (2021) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP IT IQRA MEDAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP IT IQRA MEDAN)
17104090041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP IT IQRA MEDAN)
17104090041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari wabah virus corona yang melanda dunia dan menyebabkan permasalahan khususnya dunia pendidikan. Pembelajaran yang seharusnya tetap berjalan, harus terhenti sejenak karena wabah virus corona ini, mengakibatkan terjadinya social distancing, dimana pembatasan jarak harus dilaksanakan demi meminimalisir terjadinya penyebaran wabah tersebut. Pada akhirnya ditemukan solusi agar pendidikan tetap berjalan walaupun siswa berada dirumah yaitu yang dikenal sebagai pembelajaran daring. Indonesia, termasuk negara yang menerapkan pembelajaran daring sebagai salah satu solusi meminimalisir penyebaran wabah virus corona. Karena program ini dilaksanakan secara spontanitas, pada akhirnya banyak sekolah yang tidak siap untuk melaksanakannya dikarenakan banyak faktor yang mereka alami, salah satunya fasilitas yang kurang memadai. Pada akhirnya peneliti tertarik untuk melakukan evaluasi terhadap program pembelajaran daring khususnya pada sekolah yang memang baru pertama kali menerapkan program tersebut.. Peneliti menggunakan evaluasi model CIPP untuk mengetahui secara mendalam terkait program pembelajaran daring yang diterapkan di SMP IT IQRA Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program pembelajaran daring yang diterapkan, mampu mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri secara maksimal. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian yang dipilih ialah studi kasus. Tujuannya agar peneliti dapat memperoleh pemahaman mendalam mengenai evaluasi program pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SMP IT IQRA Medan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tahap reduksi data, data display, dan verifikasi data. Teknik keabsahan data yang digunakan melalui triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan program pembelajaran daring di SMP IT IQRA dilakukan oleh masing-masing siswa dirumah. Pelaksanaan pembelajaran daring ini sama seperti biasanya, hanya saja waktunya lebih dipersingkat dan dilakukan melalui Whatsapp Group. Untuk pengumpulan tugasnya dilakukan dengan memberikan foto hasil tugas siswa, lalu guru akan mengoreksi dan memberikan umpan balik terhadap hasil belajar siswa. (2) Untuk keefektifan komponen CIPP, masih ada ditemukan kekurangan seperti: pada komponen input ditemukan bahwa ada 2 guru yang lulus dalam kualifikasi akademik namun mengajar tidak sesuai dengan kompetensinya. Selain itu pada komponen proses, bahwasanya guru terhambat dikarenakan tidak adanya panduan teknis pelaksanaan program pembelajaran daring ini yang diberikan oleh pemerintah, sehingga pada pelaksanaanya, guru melaksanakan pembelajaran daring ini dengan menyesuaikan kebutuhan yang diperlukan. Pada akhirnya, komponen produk, mengakibatkan penurunan terhadap hasil belajar siswa karena belum efektifnya program pembelajaran daring yang diterapkan di SMP IT IQRA. (3) Untuk hasil belajar siswa, belum dikatakan maksimal karena mengalami penurunan dibandingkan pembelajaran seperti biasanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. M.Jamroh.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Program Pembelajaran Daring, Evaluasi Program CIPP
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:53
Last Modified: 25 Oct 2021 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45832

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum