PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENULIS SISWA KELAS VIII MTs. SA MI’RAJUSSIBYAN NW SELANGLET, LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021

Ika Wahyuningsih, NIM.: 18204021017 (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENULIS SISWA KELAS VIII MTs. SA MI’RAJUSSIBYAN NW SELANGLET, LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENULIS SISWA KELAS VIII MTs. SA MI’RAJUSSIBYAN NW SELANGLET, LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021)
18204021017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENULIS SISWA KELAS VIII MTs. SA MI’RAJUSSIBYAN NW SELANGLET, LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021)
18204021017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

MTs.SA Mi‟rajussibyan NW Lombok Tengah merupakan madrasah yang di dalamnya terdapat banyak perkara dalam pembelajaran bahasa Arab eksklusifnya dalam keterampilan menulis dan berbicara siswa. Masalah tersebut disebabkan karena penggunakan tata cara pembelajaran yang kurang variatif, siswa kurang bersemangat dalam belajar, atensi siswa dalam menulis serta membaca teks yang berbahasa Arab kurang, serta minimnya sarana yang mencukupi untuk mendukung pembelajaran sehingga proses belajar mengajar kurang maksimal. Siswa belum sanggup menuangkan gagasan, komentar, ataupun idenya ke dalam wujud tulisan. Setelah itu pada aktivitas kelompok, siswa cenderung mengerjakan secara individual sehingga tidak tercipta partisipasi dalam kelompok, minimnya media pendukung dalam proses pembelajaran. Dan penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran TTW guna untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis siswa. Dalam penelitian ini peneliti mencatumkan teori tentang Metode pembelajaran TTW, Keterampilan berbicara dan keterampilan menulis. Sedangkan metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan Penelitian kuantitatf, sedangkan penelitian dilakukan sebanayak dua siklus untuk melihat keterampilan berbicara dan menulis siswa melalui perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Serta iii hasil yang didapatkan dalam penelitian ini ialah Pelaksanaan metode pembelajaran think talk write bisa meningkatkan keterampilan berbicara serta menulis siswa pada siklus I jumlah skor kegiatan belajar siswa menggapai nilai rata- rata 77. 5( baik). Bertambah pada siklus II nilai rata- rata jadi 84. 5( sangat baik). Pemakaian metode think talk write dengan baik serta benar teruji bisa meningkatkan keterampilan berbicara serta menulis siswa. Pelaksanaan metode think talk write pula bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Dilihat dengan hasil Pada siklus I nilai rata- rata siswa menggapai 77. 5 dengan ketuntasan 76%( 19 orang). Bertambah pada siklus II jadi 84. 5 dengan ketuntasan 88%( 22 orang).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Think-talk-write, Keterampilan berbicara, keterampilan menulis.
Subjects: Arab - Rakyat - Demokrasi - Politik
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Oct 2021 10:23
Last Modified: 29 Oct 2021 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45846

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum