UPAYA HARMONISASI SOSIAL KOMUNITAS IKATAN JAMA’AH AHLUL BAIT INDONESIA (IJABI) SYI’AH DENGAN MASYARAKAT SUNNI DI WONOSOBO (2001 - 2021)

Salwa Gholda Mawaddah, NIM.: 15120107 (2021) UPAYA HARMONISASI SOSIAL KOMUNITAS IKATAN JAMA’AH AHLUL BAIT INDONESIA (IJABI) SYI’AH DENGAN MASYARAKAT SUNNI DI WONOSOBO (2001 - 2021). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA HARMONISASI SOSIAL KOMUNITAS IKATAN JAMA’AH AHLUL BAIT INDONESIA (IJABI) SYI’AH DENGAN MASYARAKAT SUNNI DI WONOSOBO (2001 - 2021))
15120107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA HARMONISASI SOSIAL KOMUNITAS IKATAN JAMA’AH AHLUL BAIT INDONESIA (IJABI) SYI’AH DENGAN MASYARAKAT SUNNI DI WONOSOBO (2001 - 2021))
15120107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang upaya harmonisasi sosial antara komunitas Ikatan Jama‘ah Ahlul Bait (IJABI) Syi‘ah dengan masyarakat Sunni, terdiri dari Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyyah di Wonosobo dalam kurun waktu tahun 2001 hingga 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi agama dan teori struktural fungsional Talcott Parson. Struktur fungsional Parson terdiri dari empat komponen yaitu, adaptation (adaptasi), goal attainment (pencapaian tujuan), integration (integrasi), dan latency (pemeliharaan pola). Keempat konsep ini yang akan membantu peneliti dalam menelaah upaya harmonisasi sosial antara Sunni dan Syi‘ah di Wonosobo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan komunitas IJABI dengan masyarakat Sunni pada umumnya berlangsung harmoni, meskipun terdapat sedikit gesekan dalam bidang sosial-ekonomi berupa pemboikotan. Upaya-upaya yang dilakukan masyarakat Wonosobo agar terciptanya masyarakat harmoni di antara keduanya melalui dua cara yaitu, membuka diri dan mengedepankan nilai-nilai sosial kemasyarakatan sehingga, terjalinlah bentuk-bentuk keharmonisan dalam bidang pelaksanaan ibadah, ritual kematian, gotong royong, dan peringatan-peringatan hari besar. Adapun faktor pembangun keharmonisan tersebut ialah faktor sosial-agama, sosial-budaya, dan ekonomi. Sedangkan, dampak yang ditimbulkan berupa dampak sosial, budaya, dan keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurul Hak, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Syiah, Sunni, Harmoni Sosial, Interaksi Sosial.
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Islam dan Organisasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Nov 2021 10:56
Last Modified: 08 Nov 2021 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46428

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum