NU RANTING SUKOSARI KEC. BABADAN KAB. PONOROGO PASCA MUKTAMAR SITUBONDO DAN KRAPYAK 1984-1994 (KAJIAN ORIENTASI SIKAP DAN PEMBINAAN WARGANYA)

Ikmal Fawaid, NIM.: 17201020008 (2021) NU RANTING SUKOSARI KEC. BABADAN KAB. PONOROGO PASCA MUKTAMAR SITUBONDO DAN KRAPYAK 1984-1994 (KAJIAN ORIENTASI SIKAP DAN PEMBINAAN WARGANYA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NU RANTING SUKOSARI KEC. BABADAN KAB. PONOROGO PASCA MUKTAMAR SITUBONDO DAN KRAPYAK 1984-1994 (KAJIAN ORIENTASI SIKAP DAN PEMBINAAN WARGANYA))
17201020008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NU RANTING SUKOSARI KEC. BABADAN KAB. PONOROGO PASCA MUKTAMAR SITUBONDO DAN KRAPYAK 1984-1994 (KAJIAN ORIENTASI SIKAP DAN PEMBINAAN WARGANYA))
17201020008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang NU Ranting Sukosari yang senantiasa mengalami perubahan. Perubahan yang diteliti oleh penelitian ini terkait dengan orientasi sikap dan pembinaan warga NU Ranting Sukosari pasca Muktamar Situbondo dan Krapyak 1984-1994. Upaya tersebut dilakukan dengan cara melakukan interpretasi terhadap setiap langkah yang diambil dan kegiatan yang dijalankan oleh NU Ranting Sukosari pada periode tersebut. Selain itu penelitian ini juga dilengkapi dengan penjelasan tentang orientasi sikap dan pembinaan warga NU Ranting Sukosari sejak didirikan hingga menjelang Muktamar Situbondo 1984 supaya terlihat bagaimana perbedaan orientasi yang terjadi antara sebelum dan sesudah Muktamar Situbondo dan Krapyak. Agar terarah penelitian ini mengajukan tiga rumusan masalah berikut: Bagaimana orientasi sikap NU Ranting Sukosari pasca Muktamar Situbondo dan Krapyak 1984-1994? Bagaimana orientasi pembinaan warga NU Sukosari pasca Muktamar Situbondo dan Krapyak 1984-1994? Mengapa terjadi perubahan orientasi sikap dan pembinaan warga NU Ranting Sukosari pasca Muktamar Situbondo dan Krapyak 1984-1994? Penelitian ini menggunakan metode sejarah sebagai cara kerjanya. Metode tersebut terdiri dari tahapan-tahapan yang berupa: pemilihan topik, pengumpulan sumber, verifikasi, interpretasi, dan penulisan. Selain itu penelitian ini juga dibantu dengan pendekatan sosiologis yang mencantumkan teori pertukaran sosial Peter Michael Blau sebagai pisau analis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa NU Ranting Sukosari sejak didirikan tahun 1939 hingga 1994 senantiasa mengalami berbagai pergeseran orientasi sikap dan pembinaan warganya. Hal itu terjadi seiring dan sejalan dengan faktor internal dan eksternal yang sedang dihadapi oleh NU Ranting Sukosari. Faktor internalnya adalah pergantian pengurus yang memiliki latar belakang sosial dan pendidikan yang berbeda-beda sehingga pergeseran menjadi niscaya. Sementara faktor eksternalnya adalah perubahan situasi sosial maupun politik yang memicu bahkan menyebabkan terjadinya pergeseran tersebut. Belum ditemukan penelitian maupun catatan tertulis lain tentang NU Ranting Sukosari, padahal NU Ranting Sukosari memiliki daya tarik tersendiri untuk diteliti karena berdiri relatif lebih awal yaitu tahun 1939 dan lebih maju dibandingkan dengan ranting-ranting lain di lingkungan MWC NU Babadan Kabupaten Ponorogo. Oleh karena itu penelitian ini dengan sendirinya menjadi penting karena dapat menjadi dokumen tertulis tentang sejarah NU Ranting Sukosari yang dapat digunakan sebagai sarana untuk mengenalkan NU Ranting Sukosari kepada kalangan luas dan calon generasi penerus.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Muhsin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: NU Ranting Sukosari, Orientasi Sikap, Orientasi Pembinaan Warga
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Organisasi Masyarakat > Nahdlatul Ulama (NU)
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Peradaban Islam/SPI (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Nov 2021 11:44
Last Modified: 09 Nov 2021 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46489

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum