MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DUSUN SUMBER KECEK-PENATARAN-BLITAR (STUDI : SITUASI SOSIAL EKONOMI SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19)

Maulidiana Azmala Habibah, NIM.: 17102050006 (2021) MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DUSUN SUMBER KECEK-PENATARAN-BLITAR (STUDI : SITUASI SOSIAL EKONOMI SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19). Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DUSUN SUMBER KECEK-PENATARAN-BLITAR (STUDI : SITUASI SOSIAL EKONOMI SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19))
17102050006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DUSUN SUMBER KECEK-PENATARAN-BLITAR (STUDI : SITUASI SOSIAL EKONOMI SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19))
17102050006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 mengakibatkan beberapa permasalahan pada penerima manfaat PKH di Dusun Sumber Kecek. Kondisi sosial ekonomi yang terjadi di masa pandemi antara lain, naiknya angka kemiskinan dengan peningkatan jumlah penduduk miskin yang terjadi lantaran pandemi menyebabkan kegiatan perekonomian tidak bisa berjalan seperti biasa, sehingga pendapatan masyarakat pun tertekan. Kondisi sosial ekonomi lainnya yang muncul akibat adanya pandemi covid-19 yaitu terjadinya penurunan pendapatan dan pemutusan pekerjaan akibat kebijakan pemerintah untuk dirumah saja dan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). PKH sebagai salah satu program pemerintah turut andil memberikan manfaat dalam penyelesaian permasalahan sosial ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manfaat Program Keluarga Harapan dengan kondisi sosial ekonomi di masa pandemi Covid 19 di Dusun Sumber Kecek, Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Jenis Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan : (1) Penyajian Data (2) Reduksi Data (3) Menarik Kesimpulan atau Verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan PKH di Dusun Sumber Kecek sebelum dan selama pandemi hanya pada dimensi waktu pada pertemuan rutin yang dulunya 1 bulan sekali sekarang jadi 6 bulan sekali. Manfaat-manfaat PKH dalam sektor pendidikan, pekerjaan, serta penghasilan. Pemanfaatan bantuan PKH dalam aspek pendidikan sebelumnya dana pendidikan dapat digunakan untuk pembayaran SPP dan selama pandemi pembayaran jadi menunggak karena untuk kebutuhan sehari-hari. Aspek pekerjaan dulu penerima manfaat PKH bekerja sebagai buruh tani, ternak dan jualan online dengan jumlah 15 orang dan selama pandemi meningkat menjadi 50% karena terinspirasi dari pelatihan pemberdayaan ekonomi dari pendamping PKH dan membuka usaha seperti usaha triplek dengan jumlah orang 70, jualan makanan online 30 orang dan baju online 50 orang. Aspek penghasilan sebelum pandemi dana PKH sepenuhnya hanya boleh digunakan untuk pendidikan dan kesehatan, namun selama pandemi dana PKH boleh untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga dana dimanfaatkan untuk modal berwirausaha yang nantinya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan sehari-hari. Kata Kunci

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Latiful Khuluq, M.A.,BSW.,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Manfaat, Program Keluarga Harapan, Pandemi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Covid-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Nov 2021 10:12
Last Modified: 15 Nov 2021 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46637

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum