MANAJEMEN PELAYANAN PASCA HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH AR-RAUDHAH YOGYAKARTA TAHUN 2019

Ririn Riniawati, NIM.: 17102040093 (2021) MANAJEMEN PELAYANAN PASCA HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH AR-RAUDHAH YOGYAKARTA TAHUN 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN PASCA HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH AR-RAUDHAH YOGYAKARTA TAHUN 2019)
17102040093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN PASCA HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH AR-RAUDHAH YOGYAKARTA TAHUN 2019)
17102040093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari pelayanan pasca haji di KBIHU Ar-Raudhah Yogyakarta. Pelayanan pasca haji merupakan salah satu dari tiga tahapan pelayanan haji, yaitu pelayanan pra haji, pelayanan saat pelaksanaan ibadah haji di tanah suci, dan pelayanan pasca haji. Kegiatan pasca haji menjadi salah satu pembinaan dan pelayanan yang diperhatikan oleh KBIHU Ar-Raudhah dalam menjaga kemabruran haji jemaah dan menjalin silaturahmi yang berkesinambungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori H.A.S Moenir tentang manajemen pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen pelayanan pasca haji di KBIHU Ar-Raudhah Yogyakarta tahun 2019. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen pelayanan pasca haji di KBIHU Ar-Raudhah Yogyakarta tahun 2019 sudah dilaksanakan dengan baik, hal ini terlihat dari terlaksananya 5 aktivitas manajemen pelayanan yaitu aktivitas menetapkan sasaran dalam rangka pencapaian tujuan organisasi, menetapkan cara yang tepat, melaksanakan pekerjaan menyelesaikan masalah, mengendalikan kegiatan pelayanan, dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan. Dari kelima aktivitas tersebut telah digunakan manajemen pelayanan dalam menjalankan kegiatan dengan menetapkan sasaran yang jelas agar tujuan dapat dicapai, pelaksanaan kegiatan yang terjadwal dengan baik, menerapkan metode yang jelas, dan pelaksanaan evaluasi sebagai bahan perbaikan kegiatan, sehingga dari terpenuhinya aktivitas tersebut berdampak baik serta menghasilkan kepuasan dari jemaah pasca haji atas proses pelayanan dalam kegiatan tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Nurmahni, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan, Pasca Haji, KBIHU Ar-Raudhah Yogyakarta
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:11
Last Modified: 17 Nov 2021 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46876

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum