KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DEWASA AWAL KORBAN BROKEN HOME (STUDI PADA ANGGOTA KOMUNITAS INSPIRASI HAMUR YOGYAKARTA)

Nadia Nur Hasanah, NIM.: 16220104 (2021) KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DEWASA AWAL KORBAN BROKEN HOME (STUDI PADA ANGGOTA KOMUNITAS INSPIRASI HAMUR YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DEWASA AWAL KORBAN BROKEN HOME (STUDI PADA ANGGOTA KOMUNITAS INSPIRASI HAMUR YOGYAKARTA))
16220104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DEWASA AWAL KORBAN BROKEN HOME (STUDI PADA ANGGOTA KOMUNITAS INSPIRASI HAMUR YOGYAKARTA))
16220104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Seorang anak yang tinggal dalam keluarga broken home akan mengalami kondisi psikologis yang fluktuatif sepanjang masa perkembangannya yang disebabkan oleh kondisi keluarganya yang tidak dapat memenuhi berbagai aspek kebutuhannya. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kesejahteraan psikologis anak tersebut hingga masa dewasanya. Kesejahteraan psikologis sendiri adalah konsep yang digunakan untuk menggambarkan kesehatan psikologis individu berdasarkan pemenuhan kriteria fungsi psikologis positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran dimensi-dimensi kesejahteraan psikologis anggota komunitas Inspirasi HAMUR. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota komunitas Inspirasi HAMUR. Uji validitas skala dianalisis menggunakan validitas isi yang dikonsultasikan dengan ahli. Uji reliabilitas skala dan tes dilakukan dengan menggunakan Alpha Cronbach. Uji Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui analisis deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis hasil wawancara. Hal tersebut dilakukan karena penelitian ini merupakan penelitian campuran (mix methods). Berdasarkan hasil perhitungan statistik bahwa sebanyak 55% anggota komunitas Inspirasi HAMUR memiliki tingkat kesejahteraan psikologis sedang. Hal ini diperkuat dengan hasil wawancara yang mendukung dan menegaskan bahwa memang anggota komunitas Inspirasi HAMUR memiliki tingkat kesejahteraan psikologis yang sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Psikologis, Broken Home, Permasalahan Keluarga
Subjects: Masalah Sosial
Psikologi > Psikologi Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 25 Nov 2021 10:12
Last Modified: 25 Nov 2021 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47079

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum