UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER KEJUJURAN ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG DI RA FULL DAY INSAN MULIA BANTUL YOGYAKARTA

Khorotul A’zunni Urbaningrum, NIM.: 16430001 (2020) UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER KEJUJURAN ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG DI RA FULL DAY INSAN MULIA BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER KEJUJURAN ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG DI RA FULL DAY INSAN MULIA BANTUL YOGYAKARTA)
16430001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER KEJUJURAN ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG DI RA FULL DAY INSAN MULIA BANTUL YOGYAKARTA)
16430001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sering munculnya beberapa kejadian negatif baik kenakalan bahkan kejahatan yang dikaitkan dengan isu menurunya karakter menjadi topik dalam pemerintah untuk lebih mulai berfokus pada pendidikan karakter. Pendidikan Karakter merupakan suatu hal penting yang harus ditanamkan sejak dini sebagai modal dan pondasi awal terbentuknya sikap dan karakter individu. Salah satu indikator karakter yang menjadi modal awal dalam kehidupan yaitu karakter kejujuran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya meningkatkan karakter kejujuran melalui permainan tradisional cublak-cublak suweng pada anak usia dini di RA B RA Full Day Insan Mulia Bantul Yogyakarta. Penelitian deskriptif kualitatif ini mengunakan beberapa metode dalam pengambilan data, yang meliputi observasi aktifitas anak selama proses pembelajaran, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Karakter kejujuran anak pada pra tindakan memiliki skor kriteria berkembang sangat baik sebesar 0%, dan kriteria berkembang sesuai harapan pada pra siklus berjumlah 3 anak atau 18,7%, pada kriteria mulai berkembang pra siklus berjumlah 6 anak atau 37,5%. (2) Pada siklus I karekter kejujuran anak mengalami sedikit peningkatan seperti pada kriteria berkembang sangat baik sebesar 0%, untuk kriteria berkembang sesuai harapan berjumlah 4 anak atau 25%, dan kriteria mulai berkembang naik menjadi 12 anak atau 75% (3) Siklus II pada kriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 1 anak atau 6,25%, kriteria berkembang sesuai harapan mengalami peningkatan menjadi 15 anak atau 93,7%, dan kriteria mulai berkembang sudah tidak terdapat jumlah anak dalam kriteria ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas (PTK); permainan tradisional; nilai kerukunan
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Nov 2021 14:13
Last Modified: 24 Nov 2021 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47144

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum