STRATEGI GURU AKIDAH-AKHLAK DALAM MENGAJAR KARAKTER GENERASI Z DI MTS NEGERI 1 KULON PROGO

Fauzan Farudi, NIM. 14410122 (2021) STRATEGI GURU AKIDAH-AKHLAK DALAM MENGAJAR KARAKTER GENERASI Z DI MTS NEGERI 1 KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU AKIDAH-AKHLAK DALAM MENGAJAR KARAKTER GENERASI Z DI MTS NEGERI 1 KULON PROGO)
14410122_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU AKIDAH-AKHLAK DALAM MENGAJAR KARAKTER GENERASI Z DI MTS NEGERI 1 KULON PROGO)
14410122_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah besarnya pengaruh jaman terhadap karakter setiap generasi. Perbedaan karakter generasi tersebut yang menuntut pendidik untuk menggunakan strategi belajar yang paling relevan agar tercipta pembelajaran yang aplikatif dan efektif. Generasi Z, yang disebut juga generasi jaman now, generasi silent, generasi yang sejak lahir sudah mengenal dunia digital, sehingga realitas mereka menjadi tumpang tindih antara dunia nyata dan dunia digital. Mereka mempunyai karakter khusus yang sebaiknya dipahami guru, agar dapat menerapkan strategi mengajar yang sesuai. Dengan begitu kognitif, afektif anak dapat terbangun dan menjadi anak yang berkarakter. Seperti di MTs Negeri 1 Kulon Progo yang mempunyai visi dan tujuan yang dibutuhkan oleh generasi Z. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, mengetahui jenis strategi guru, dan mengetahui hambatan yang ditemui guru akidah-Akhlak dalam mengajar karakter generasi Z. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau dengan cara-cara kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah Guru Akidah-Akhlak, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan, dan peserta didik MTs Negeri 1 Kulon Progo. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Sementara itu, validasi data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ; (1) Pelaksanaan pengajaran dibagi menjadi dua yaitu tujuan pembelajaran Akidah-Akhlak dan pelaksanaan pembelajaran Akidah-Akhlak. (2) Strategi mengajar karakter generasi Z dilakukan dengan strategi daring. Karakter yang diajarkan yaitu; karakter disiplin, mandiri dan komunikatif. (3) Hambatan yang ditemui yaitu kurangnya kesadaran peserta didik, dan kurangnya alat komunikasi yang memadai bagi sebagian peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, karakter, generasi Z
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Nov 2021 14:40
Last Modified: 25 Nov 2021 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47220

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum