ANALISIS POTENSI EKSTRAK BUNGA TELANG SEBAGAI PENGGANTI INDIKATOR SINTETIS PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI ASAM BASA

Camalin Bela Sukmaning Fitri, NIM. 17106070037 (2021) ANALISIS POTENSI EKSTRAK BUNGA TELANG SEBAGAI PENGGANTI INDIKATOR SINTETIS PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI ASAM BASA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS POTENSI EKSTRAK BUNGA TELANG SEBAGAI PENGGANTI INDIKATOR SINTETIS PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI ASAM BASA)
17106070037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS POTENSI EKSTRAK BUNGA TELANG SEBAGAI PENGGANTI INDIKATOR SINTETIS PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI ASAM BASA)
17106070037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Eksperimen merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam pembelajaran kimia di sekolah. Kegiatan eksperimen berupa penentuan asam basa di sekolah biasanya menggunakan jenis indikator sintetis. Kelemahan dari penggunaan indikator sintetis adalah indikator ini bersifat tidak ramah ligkungan serta harganya yang relatif mahal. Bunga telang adalah bunga yang banyak tumbuh di Indonesia dengan kandungan antosianin di kelopaknya. Adanya kandungan antosianin menyebabkan bunga telang berpotensi sebagai indikator alami pada asam basa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator capaian kompetensi materi asam basa di dokumen kurikulum 2013 revisi 2018 sehingga diperoleh keterkaitan antara materi pembelajaran dengan eksperimen, menganalisis proses pembuatan indikator bunga telang sesuai karakteristik eksperimen di SMA, mengetahui potensi bunga telang sebagai pengganti indikator sintetis, dan analisis kelayakan potensi bunga telang sebagai indikator alami pengganti indikator sintetis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Identifikasi KI, KD, dan indikator pencapaian kompetensi menggunakan metode studi literatur pada kurikulum 2013 revisi 2018. Kajian analisis proses pembuatan indikator bunga telang dan potensi ekstrak bunga telang sebagai pengganti indikator sintetis dilakukan dengan metode observasi dan eksperimen. Analisis kelayakan potensi bunga telang sebagai indikator dilakukan dengan metode wawancara, eksperimen, dan studi literatur yang meliputi beberapa aspek antara lain aspek finansial, ketahanan indikator, pedagogik, dan sumber daya manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterkaitan materi asam basa dengan eksperimen berupa penentuan bahan alam sebagai indikator asam basa, identifikasi pH larutan, identifikasi sifat asam basa, dan titrasi asam basa. Pembuatan indikator bunga telang dilakukan menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol 96%. Indikator bunga telang memberikan warna merah muda pada pH 1-2, ungu kemerahan pada pH 3, ungu muda pada pH 4-5,biru kehijauan pada pH 6, hijau kebiruan pada pH 7, biru muda pada pH 8-9, hijau pada pH 10, hijau kekuningan pada pH 11, kuning kehijauan pada pH 12-13 dan kuning pada pH 14. Tahap titrasi yang dilakukan menunjukkan bahwa indikator bunga telang dapat digunakan sebagai pengganti indikator PP dan MO. Berdasarkan analisis potensi indikator bunga telang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif indikator dan alternatif eksperimen di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kimia, eksperimen, bunga telang, indikator alami
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Nov 2021 14:22
Last Modified: 29 Nov 2021 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47305

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum