IMPLEMENTASI MANAJEMEN SENI PERTUNJUKAN (Studi Tentang Nilai-nilai Islam Dalam Pertunjukan Teater Oleh Fieldtrip Performing Art)

Risna Alfarina, NIM: 14240005 (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SENI PERTUNJUKAN (Studi Tentang Nilai-nilai Islam Dalam Pertunjukan Teater Oleh Fieldtrip Performing Art). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN SENI PERTUNJUKAN (Studi Tentang Nilai-nilai Islam Dalam Pertunjukan Teater Oleh Fieldtrip Performing Art))
14240005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN SENI PERTUNJUKAN (Studi Tentang Nilai-nilai Islam Dalam Pertunjukan Teater Oleh Fieldtrip Performing Art))
14240005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas kegiatan dakwah dalam bidang kesenian yang tidak mendapat banyak perhatian oleh khalayak masyarakat yang menganggap bahwa kesenian hanya merupakan hiburan semata. Disamping itu ada beberapa komunitas seni yang sengaja menggunakan jalan kesenian untuk menyebarkan syiar Islam melalui proses pengkaryaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 7 orang yaitu direktur Fieldtrip Performing Art, manajer program Fieldtrip Performing Art, pimpinan produksi, bendahara produksi, sutradara, artistik dan perwakilan aktor. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dan tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan implementasi manajemen seni pertunjukan yang dilakukan oleh Fieldtrip Performing Art sudah dilakukan dengan efektif dan terprogram. Nilai-nilai keislaman yang terdapat dalam pertunjukan teater meliputi nilai tauhid dan syariat islam seperti melaksanakan sholat dan menutup aurat disertai nilai insani seperti cara bersikap, tata krama serta adat istiadat dalam masyarakat. Implementasi manajemen seni pertunjukan teater dilakukan dalam dua waktu pada program yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Maryono, S.Ag., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Seni pertunjukan, Nilai-nilai Islam
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Dec 2021 08:34
Last Modified: 01 Dec 2021 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47392

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum