BIMBINGAN KETERAMPILAN VOKASIONAL CAFE CUPABLE UNTUK PENYANDANG DISABILITAS DI PUSAT REHABILITASI YAKKUM YOGYAKARTA

Muhammad Fajrul Falakh, NIM.: 17102020047 (2021) BIMBINGAN KETERAMPILAN VOKASIONAL CAFE CUPABLE UNTUK PENYANDANG DISABILITAS DI PUSAT REHABILITASI YAKKUM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KETERAMPILAN VOKASIONAL CAFÉ CUPABLE UNTUK PENYANDANG DISABILITAS DI PUSAT REHABILITASI YAKKUM YOGYAKARTA)
17102020047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (861kB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KETERAMPILAN VOKASIONAL CAFÉ CUPABLE UNTUK PENYANDANG DISABILITAS DI PUSAT REHABILITASI YAKKUM YOGYAKARTA)
17102020047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena di era modern saat ini ketika Sumber Daya Manusia (SDM) dituntut lebih terampil demi mampu mendapatkan lapangan pekerjaan yang semakin terbatas. Bimbingan keterampilan vokasional merupakan salah satu solusi dan bimbingan ini diberikan kepada setiap orang dari berbagai golongan, baik yang normal maupun golongan penyandang disabilitas sekalipun. Salah satu lembaga atau yayasan yang ikut andil dalam memberikan pelatihan dan bimbingan keterampilan vokasional untuk para penyandang disabilitas adalah Pusat Rehabilitasi YAKKUM. Di lembaga ini terdapat pelatihan barista inklusif café cupable. Pelatihan ini mencakup program pelatihan barista (meracik kopi), menyiapkan hidangan seperti makanan dan minuman dan juga pelayanan pembeli. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan tahapan-tahapan bimbingan keterampilan vokasional café cupable bagi penyandang disabilitas di Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dekriptif dengan penentuan subjek menggunakan metode purposive sampling. Sehingga didapatkan dua macam subjek penelitian yaitu, yang pertama dari tiga pihak pembimbing dan dua peserta bimbingan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan metode keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Dengan metode analisis data yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan barista inklusif café cupable memiliki konsep dan tahapan-tahapan yang jelas dan terarah, sehingga dapat membantu penyandang disabilitas terjun di industri kopi dan membuka peluang untuk kerja menjadi seorang barista profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keterampilan Vokasional Café Cupable, Penyandang Disabilitas.
Subjects: Bimbingan Konseling
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Dec 2021 09:18
Last Modified: 02 Dec 2021 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47418

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum