TERAPI DZIKIR UNTUK MENGHILANGKAN KECEMASAN PRA-PERTANDINGAN PADA ATLET TAPAK SUCI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Laila Khusnul Mar’ati, NIM.: 17102020053 (2021) TERAPI DZIKIR UNTUK MENGHILANGKAN KECEMASAN PRA-PERTANDINGAN PADA ATLET TAPAK SUCI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TERAPI DZIKIR UNTUK MENGHILANGKAN KECEMASAN PRA-PERTANDINGAN PADA ATLET TAPAK SUCI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
17102020053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TERAPI DZIKIR UNTUK MENGHILANGKAN KECEMASAN PRA-PERTANDINGAN PADA ATLET TAPAK SUCI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
17102020053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena melihat banyaknya fenomena dikalangan atlet yang mengalami kecemasan pra-bertanding, sehingga performa atlet ketika di lapangan menurun. Oleh karena itu, program terapi dzikir yang diberikan dapat memberikan power sehingga kecemasan pra-pertandingan berkurang. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan terapi dzikir dapat menghilangkan kecemasan pra-bertanding pada atlet TAPAK SUCI di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan terapi dzikir pada atlet TAPAK SUCI di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan mengambil latar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Sumber data ialah dua pelatih tetap sebagai subjek utama, tiga orang mahasiswa dan Ketua UKM TAPAK SUCI UMY sebagai subjek pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diuji keabsahannya dengan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan tiga metode yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terapi dzikir dapat membantu menghilangkan kecemasan pada atlet TAPAK SUCI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Muhammad Hafiun., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Terapi Dzikir, Kecemasan, Atlet Tapak Suci
Subjects: Psikologi
TASAWUF > Dzikir
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Dec 2021 09:33
Last Modified: 02 Dec 2021 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47427

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum