STRATEGI COPING IBU PEKERJA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI NITIKAN, KECAMATAN UMBULHARJO, YOGYAKARTA)

Uswatun Hasanah, NIM.: 17102050058 (2021) STRATEGI COPING IBU PEKERJA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI NITIKAN, KECAMATAN UMBULHARJO, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI COPING IBU PEKERJA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI NITIKAN, KECAMATAN UMBULHARJO, YOGYAKARTA))
17102050058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI COPING IBU PEKERJA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI NITIKAN, KECAMATAN UMBULHARJO, YOGYAKARTA))
17102050058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 mengakibatkan seluruh jenjang pendidikan menerapkan sistem pembelajaran daring. Sehingga semua kegiatan sekolah dilakukan di rumah. Dengan adanya perubahan tersebut orangtua dituntut untuk berperan aktif dalam proses pendampingan belajar, khususnya pada anak dengan tingkat Sekolah Dasar ke bawah. Bagi ibu pekerja, adanya tambahan kegiatan pendampingan belajar bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak permasalahan yang muncul selama pendampingan, yang dapat memicu timbulnya stres. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran stres dan strategi coping ibu pekerja dalam mendampingi pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi coping yang dilakukan ibu pekerja di Nitikan dalam menghadapi permasalahan selama pendampingan pembelajaran daring yaitu, dengan menggunakan problem focused coping dan emotion focused coping. Pada problem focused coping, informan cenderung menggunakan bentuk seeking social support. Sementara pada emotion focused coping informan cenderung menggunakan bentuk positive reappraisal dan self controling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khotibul Umam, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi coping, Ibu Pekerja, Pembelajaran Daring
Subjects: Covid-19
Gender
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:26
Last Modified: 03 Jan 2022 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47622

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum