Kompetensi Profesional Guru PAI dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Melalui Strategi Pengembangan Diri Di SMK Negeri 1 Ponjong

Sri Anugrah Indriani, - and Sukiman, - (2020) Kompetensi Profesional Guru PAI dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Melalui Strategi Pengembangan Diri Di SMK Negeri 1 Ponjong. Project Report. Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Kompetensi Profesional Guru PAI dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Melalui Strategi Pengembangan Diri Di SMK Negeri 1 Ponjong)
Kompetensi Profesional Gur.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan16393609.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam dunia pendidikan mayoritas digunakan sebagai media pembelajaran. Guru seolah-olah dituntut menguasai TIK agar mampu menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Padahal sejatinya, guru perlu memiliki strategi dalam pengembangan dirinya dalam penguasaan TIK. Tujuannya adalah, agar dalam pemanfaatan TIK tidak hanya berfokus pada penggunaannya saja, melainkan juga dari perspektif guru itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, urgensi guru PAI memerlukan pengembangan diri adalah selain pemanfaatan TIK dalam kegiatan belajar mengajar, juga untuk meningkatkan kemampuan atau skill dalam bidang TIK. Selanjutnya, guru PAI di SMK Negeri 1 Ponjong menguasai TIK dalam berbagai hal seperti sebagai infrastruktur dan sumber bahan belajar, serta alat bantu fasilitas pembelajaran. Strategi yang digunakan dalam mengembangkan diri melalui pemanfaatan TIK adalah dengan mengikuti berbagai macam kegiatan pelatihan seperti pelatihan TIK yang khusus diadakan sekolah. Dalam tahapan strategi pengembangan diri, guru PAI di SMK Negeri 1 Ponjong melalui tahapan Kesadaran Diri, Pengaturan Diri (self awarness), Motivasi, Empati dan tahapan terakhir adalah Social Skill yang mendungkung peningkatan self development bagi guru PAI.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam; Teknologi Informasi; Komunikasi; Pengembangan Diri
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Informasi
Komunikasi Pendidikan
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 13 Dec 2021 09:23
Last Modified: 13 Dec 2021 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47670

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum