PENERAPAN MEDIA BUKU DONGENG BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DUSUN PLAMBONGAN

Ardyan Indriyanti, NIM.: 17104030064 (2021) PENERAPAN MEDIA BUKU DONGENG BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DUSUN PLAMBONGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MEDIA BUKU DONGENG BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DUSUN PLAMBONGAN)
17104030064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MEDIA BUKU DONGENG BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DUSUN PLAMBONGAN)
17104030064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

{\rtf1\ansi\ansicpg1252\uc1 {\fonttbl\f0\fswiss\fcharset0 Times New Roman;}\pard\plain\ql\f0\fs20 {\fs24 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan bahasa pada anak di situasi pandemi yang perkembangan bahasanya terhambat karena kurangnya komunikasi dan terbatas jika mengandalkan kegiatan di PAUD. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui penerapan media buku dongeng bergambar dalam mengembangkan bahasa anak usia 5-6 Tahun dengan memanfaatkan media buku dongeng bergambar di Dusun Plambongan, (2) untuk mengetahui kendala dan solusi yang dihadapi oleh orang tua saat menerapkan media buku dongeng bergambar dalam penerapan bahasa anak usia 5-6 tahun di Dusun Plambongan.\par Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Plambongan, Ds Banyurejo, Kec Tempel, Kab Sleman, Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian 5 orang anak berusia 5-6 tahun beserta orang tuanya di Dusun Plambongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan di antaranya; observasi, wawancara, dan studi dokumen dan pengecekan keabsahan dilakukan dengan triangulasi.\par Dari hasil penelitian yang telah didapatkan, dipahami bahwa penerapan media buku dongeng bergambar membuat anak lebih mudah menyampaikan pikiran dan menjadi kaya kosa kata, sehingga buku dongeng bergambar dapat menjadi media dalam mengembangkan bahasa anak dengan melibatkan orang tua di dalamnya. Adapun kendala dalam penelitian ini yaitu kurangnya ketersediaan media buku dongeng bergambar yang baru dan ekspresi yang masih sulit disampaikan oleh orang tua ketika bercerita. Dan solusinya yaitu, mengasah penyampaian bercerita dengan cara mengulang cerita.}}··

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media, Buku Dongeng Bergambar, Perkembangan Bahasa Media, Buku Dongeng Bergambar, Perkembangan Bahasa
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:40
Last Modified: 03 Jan 2022 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47781

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum