PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA PADA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI

Mia Permata Sari, NIM.: 15690030 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA PADA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA PADA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI)
15690030_BAB I_IV_atau_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA PADA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI)
15690030_BAB II_SAMPAI._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa, (2) peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan pembelajaran model inkuiri, (3) pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan kognitif siswa, dan (4) peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan pembelajaran model inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar soal pretest -posttest kemampuan kognitif, lembar kerja siswa dan lembar observasi keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji U Mann Whitney, Normalized Gain (N-Gain) dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa (1) Pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa dengan taraf signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,013. (2) Pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dengan nilai rerata n-gain sebesar 0,701 yang termasuk dalam kriteria tinggi. (3) Pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa dengan taraf signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,004. (4) Pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan nilai rerata n-gain sebesar 0,431 yang termasuk dalam kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Winarti. M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: guide inquiry; science process skill; cognitif skill; bunyi
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 25 Feb 2022 08:27
Last Modified: 25 Feb 2022 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47863

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum