MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MAHARAH AL-ISTIMA’ DAN MAHARAH AL-KALAM DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO

Yuyun Hanifah, NIM.: 17204020005 (2019) MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MAHARAH AL-ISTIMA’ DAN MAHARAH AL-KALAM DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MAHARAH AL-ISTIMA’ DAN MAHARAH AL-KALAM DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO)
17204020005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MAHARAH AL-ISTIMA’ DAN MAHARAH AL-KALAM DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO)
17204020003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya ketertarikan peneliti terhadap pembelajaran bahasa Arab yang terdapat di pesantren mahasiswa An Najah Purwokerto khusunya di komplek bahasa Asing yang diberi nama An Najah Arabic Javanese English Comunity (AArJEC). Dalam pembelajaran tersebut peserta didik terlihat senang dalam melaksanakan pembelajaran, hal ini disebabkan oleh adanya kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Diantaranya adalah bernyanyi-nyanyi dengan nyanyian khas dari komunitas tersebut sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu, terdapat berbagai macam model pembelajaran yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran sehingga menjadikan pembelajaran yang menyenangkan dan memudahkan peserta didik dalam memahami bahasa Arab dengan baik dan benar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengamati proses pembelajaran yang terdapat di pesantren mahasiswa An Najah Purwokerto, kemudian menganalis berdasarkan teori. Subyek dalam penelitian ini adalah pengajar bahasa Arab dan santri-santri pesantren mahasiswa An Najah purwokerto. Teknik pengumpulan datanya yakni observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran maharah al istimā’ di pesantren mahasiswa An Najah Purwokerto yang digunakan adalah model niteni dan model menterjemah, sedangkan model pembelajaran maharah al-kalam di pesantren mahasiswa An Najah Purwokerto adalah model percakapan bebas dan model-model aktivitas-aktivitas berbahasa khitobah, teater dan forum berbahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: model niteni; menterjemah; model percakapan bebas ; khitobah, Forum Berbahasa Arab.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 05 Jan 2022 14:32
Last Modified: 05 Jan 2022 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47958

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum