UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PDA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS NEGERI PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL

Joko Supriyantoro, NIM. 03430041 (2006) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PDA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS NEGERI PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PDA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS NEGERI PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL)
03430041_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PDA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS NEGERI PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL)
03430041_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (39MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika pada umumnya hanya menekankan pada pencapaian kurikulum dan penyampaian tekstual semata daripada mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu. Akibatnya siswa kurang aktif, kurang kreatif dan malas berfikir sehingga menyebabkan nilai-nilai yang diperoleh kurang dari 5. Guru merasa prihatin dan ingin memperbaiki keadaan tersebut dengan mencobakan suatu model pembelajaran yang belum pernah dicobakan khususnya di MTs Negeri Piyungan Kabupaten Bantul yaitu problem posing I membuat soal. Adapun langkah-langkah yang ditempuh adalah sebagai berikut: pertama, guru menjelaskan konsep secara klasikal kemudian siswa membuat soal baik dari pernyataan maupun pengembangan dari soal yang diberikan. Kedua, pada siklus pertama siswa membuat soal dan menjawab soal secara individu, siklus kedua siswa membuat soal kemudian dijawab secara silang dengan teman sebangku dan siklus ketiga siswa membuat soal secara berkelompok lalu dijawab secara silang antar kelompok. Setelah tiga siklus dilaksanakan terdapat peningkatan aktivitas belajar sebesar 23,3 % yaitu: dari 10 % menjadi 33,3 % , nilai rata-rata pada siklus I adalah 5,07 ; siklus II naik menjadi 5,13 dan siklus III menjadi 5,73. Disamping itu problem posing dapat melatih siswa untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs Sugiyono, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Aktifitas, Problem Posing
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Dec 2021 14:58
Last Modified: 27 Dec 2021 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48018

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum