AL HUBB FI DIWAN QASHAID HUBB ALA BAWWABAT AL ALAM AL SAB'I LI ABDIL WAHAB AL BAYATI ( DIRASAH TAHLILIYAH SIMIYAIYAH CHARLES MORRIS)

Muhammad Imamunaja, NIM.: 17101010093 (2021) AL HUBB FI DIWAN QASHAID HUBB ALA BAWWABAT AL ALAM AL SAB'I LI ABDIL WAHAB AL BAYATI ( DIRASAH TAHLILIYAH SIMIYAIYAH CHARLES MORRIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL HUBB FI DIWAN QASHAID HUBB ALA BAWWABAT AL ALAM AL SAB'I LI ABDIL WAHAB AL BAYATI ( DIRASAH TAHLILIYAH SIMIYAIYAH CHARLES MORRIS))
17101010093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (947kB) | Preview
[img] Text (AL HUBB FI DIWAN QASHAID HUBB ALA BAWWABAT AL ALAM AL SAB'I LI ABDIL WAHAB AL BAYATI ( DIRASAH TAHLILIYAH SIMIYAIYAH CHARLES MORRIS))
17101010093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy

Abstract

Diwanu Qasaidi Hubbin „ala Bawwbat al-„Alam al-Sab‟i karya Abdul Wahab Albayati merupakan kumpulan puisi yang sudah mendapatkan tanggapan dari para pembaca. Penelitian ini hanya mengambil tiga puisi yang terdapat diwan tersebut yaitu, „Ain al-Syams, „An waḍḍaḥ al-Yaman wa al-Hubbi wa al-Mauti dan Majnunu Aisyah. Ketiga puisi tersebut mewakili puisi-puisi ghazal Abdul Wahab Albayati yang berada dalam diwan tersebut karena ketiga puisi tersebut memotret cinta sebagai pengalaman manusia yang mewujudkan dirinya dalan berbagai bentuk dan cinta bisa menenangkan jiwa. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna cinta dalam ketiga puisi tersebut. Penelitian ini menggunakan teori semiotik Charles Morris yang terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek sintaksis, semantik, dan pragmatik. Sintaksis adalah studi tentang hubungan antar tanda, Semantik adalah studi tentang hubungan tanda dengan objek yang diacu, Pragmatik adalah studi tentang hubungan tanda dengan penafsirnya. Penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan menggunakan metode kualitatif. Objek materialnya yaitu „Ain al-Syams, „An Waḍḍāḥ al-Yaman wa al-Hubbi wa al-Maut dan Majnunu „Aisyah. Peneletian ini berbeda dengan yang lainya karena belum pernah ada yang meneliti tentang ketiga puisi tersebut dengan menggunakan tema cinta dan teori Charles Morris. Hasil penelelitian makna cinta dari puisi Ain al-Syams dari segi sintaksis adalah ikhlas, semantik adalah cinta terhadap manusia dan pragmatik adalah tindakan. Makna cinta dari puisi „An Waḍḍāḥ al-Yaman wa al-Hubbi wa al-Maut segi sintaksis adalah pembelajaran, semantik adalah cinta kepada Allah dan pragmatik adalah kesedihan. Makna cinta dari puisi Majnūnu „Āisyah dari segi sintaksis adalah kebahagiaan, semantik adalah cinta terhadap manusia dan pragmatik adalah budak cinta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurain M.Ag
Uncontrolled Keywords: Puisi Cinta, Semiotik, Semantik, Sintaksis, Pragmatik
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Jan 2022 15:36
Last Modified: 19 Apr 2022 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48182

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum