METODE AL TIBYAN KARYA ABDURRAHMAN BAKR UNTUK PEMBELAJARAN MAHARAH AL QIRA’AH BERBASIS AL QUR’AN

Riska Purnama Sari, NIM.: 14420099 (2021) METODE AL TIBYAN KARYA ABDURRAHMAN BAKR UNTUK PEMBELAJARAN MAHARAH AL QIRA’AH BERBASIS AL QUR’AN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE AL TIBYAN KARYA ABDURRAHMAN BAKR UNTUK PEMBELAJARAN MAHARAH AL QIRA’AH BERBASIS AL QUR’AN)
14430009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE AL TIBYAN KARYA ABDURRAHMAN BAKR UNTUK PEMBELAJARAN MAHARAH AL QIRA’AH BERBASIS AL QUR’AN)
14420099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Arus pertukaran informasi yang semakin cepat dan usaha lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu kualitas kemampuan membaca tulisan berbahasa Arab, membuat para pakar ilmu mencetuskan metode-metode yang bertujuan agar mempermudah peserta didik belajar cara membaca tulisan berbahasa Arab, salah satunya adalah Syekh Abdurrahman Bakr mencetuskan metode yang diberi nama metode al Tibyan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran maharah al Qira‟ah menggunakan metodeal Tibyan, (2) Mendeskripsikan kelebihan dan kekurang metode al Tibyan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Dengan mengambil penelitian pada penggunaan metode al Tibyan. Subjek penelitian: beberapa narasumber yang menggunakan metode al Tibyan pada lembaga pendidikannya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kepustakaan (library research), wawancara mendalam dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah meliputi teknik deskriptis analisis. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Penggunaan metode al Tibyan dalam menunjang pembelajaran maharah al Qiro‟ah di beberapa lembaga pendidikan. Cara belajar dengan talqin oleh pengajar, membaca tulisan berbahasa Arab atau ayat al-Qur‟an dengan tahajji atau mengeja kalimah yang menyebutkan dan dan menyambung-nyambungkan huruf secara berurutan kemudian menyebutkan hukum tajwid disertai bahasa Arab. Teknik evaluasi yang digunakan adalah menggunakan teknik simak. (2) Adapun kelebihan dari metode al Tibyan adalah metode yang memiliki ciri khas mengeja bacaan, tenaga pengajar yang mumpuni dibidangnya, semua contoh diambil dari al Qur‟an, belajar al Qur‟an sekaligus bahasa Arab, belajar mengeja sekaligus tajwid dan makhorijul huruf, contoh sesuai dengan tahapan pelajaran (sistematis), bernada, buku panduan yang menarik. Adapun kekurangan dari metode ini adalah tenaga pengajar harus ada yang mengikuti pelatihan di LKID Wadi Mubarak, tenaga pengajar yang terkadang lupa cara men-tahajji pengejaan hukum bacaan, orang tua yang kurang memahami penggunaan metode al Tibyan dan pembelajaran klasikal yang menjadi salah satu penyebab peserta didik dalam memahami materi. Kata Kunci: Al Tibyan, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Al Tibyan, Jilid Tamhidi, Abdurrahman Bakr, Maharah Al Qira’ah
Subjects: Islam dan Pemikiran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2022 14:56
Last Modified: 13 Jan 2022 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48472

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum