UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM SISTEM KREDIT SEMESTER DI SMA NEGERI 1 BANTUL

Akvina Khoirunisa, NIM.: 15410160 (2021) UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM SISTEM KREDIT SEMESTER DI SMA NEGERI 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM SISTEM KREDIT SEMESTER DI SMA NEGERI 1 BANTUL)
15410160_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM SISTEM KREDIT SEMESTER DI SMA NEGERI 1 BANTUL)
15410160_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Bantul masih menjadi satu-satunya SMA Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menerapkan Sistem Kredit Semester sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan secara menyeluruh dan komprehensif. Salah satu komponen penting dalam menunjang proses pembelajaran yang berkualitas pada Sistem Kredit Semester adalah adanya Unit Kegiatan Belajar Mandiri yang dibuat oleh masing-masing guru mata pelajaran di sekolah tersebut, termasuk di dalamnya yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Kredit Semester dapat dikatakan berhasil dan bermakna apabila peserta didik dengan mudah menggunakannya. Namun, dalam proses penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bantul masih ada beberapa kendala yang dialami, baik dari peserta didik maupun guru Pendidikan Agama Islam itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran menggunakan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bantul, (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bantul dan (3) respon siswa terhadap penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yaitu deskriptif eksploratif yang mengambil latar di SMA Negeri 1 Bantul. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian dari makna data tersebut penulis menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran menggunakan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bantul sudah sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada dalam Buku Panduan Pengembangan UKBM tahun 2017, (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Pendidikan Agama Islam mencakup tiga tahap, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, (3) respon peserta didik terhadap penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dilihat dari hasil perhitungan tingkat kepuasan siswa, berada pada prosentase 47% yang artinya kurang dari 50% sehingga siswa dapat dikatakan kurang puas terhadap penggunaan model pembelajaran Unit Kegiatan Belajar Mandiri PAI dan Budi Pekerti dalam Sistem Kredit Semester di SMA Negeri 1 Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch. Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Unit Kegiatan Belajar Mandiri, Sistem Kredit Semester
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 09:21
Last Modified: 14 Jan 2022 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48483

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum