PENDIDIKAN BELA NEGARA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT IBNU TAIMIYAH

Bima Krisna Aji, NIM.: 17104010065 (2021) PENDIDIKAN BELA NEGARA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT IBNU TAIMIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN BELA NEGARA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT IBNU TAIMIYAH)
17104010065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN BELA NEGARA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT IBNU TAIMIYAH)
17104010065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berangkat dari realitas bahwa berbagai tindak kekerasan yang mengatas-namakan agama telah marak terjadi di berbagai penjuru di dunia, termasuk di indo-nesia. Hal tersebut membuat sebuah pandangan baru dari masyarakat global tentang agama. Agama sebagai sebuah alat yang potensial bagi pelaku tindak kekerasan untuk melegalkan perbuatan mereka. Dalam konteks keIndonesiaan, pemerintah Republik Indonesia telah mengupayakan berbagai cara untuk menanggulangi tin-dak kekerasan tersebut, salah satunya adalah dengan adanya program Pendidikan Bela Negara. Untuk membuat program ini menjadi sesuatu yang dekat dan bisa diterima umat Islam maka diperlukan penjabaran pemikiran dari seorang tokoh Is-lam yang berpengaruh, diantara tokoh tersebut adalah Ibnu Taimiyah. Dari pemaparan tersebut maka pada penelitian ini akan dibahas tentang pandangan Ibnu Taimiyah tentang Pendidikan Bela Negara dan implikasinya terhadap Pendidikan Bela Negara Pada penelitian kali ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, penelitian ini dilakukan dengan cara menghimpun data penelitian dari berbagai literatur dan menjadikan teks sebagai objek utama analisisnya. Pendekatan yang digunakan adalah konten analisis, yaitu sebuah upaya untuk memunculkan berbagai kemungkinan makna dari data-data yang terdokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Ibnu Taimiyah memberikan pengajaran ten-tang nilai-nilai Pendidikan Bela Negara dalam fatwa dan sikapnya terhadap berbagai keadaan. Ibnu Taimiyah memberikan percontohan bagaimana bentuk in-teraksi seorang muslim terhadap pemerintah, bersemangat dalam mewujudkan perbaikan, menjaga persatuan, melawan penjajahan dan mengajarkan sikap toleransi . Nilai-nilai tersebut kemudian direkonstruksi ke dalam nilai-nilai yg relevan dengan ruang lingkup pendidikan bela negara di Indonesia, diantaranya diantaranya 1) sadar berbangsa dan bernegara, 2) rela berkorban untuk bangsa dan negara, 3) mempunyai kemampuan awal bela negara, 4) semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur. Corak pemikiran Ibnu Taimiyah tentang pendidikan bela negara berimplikasi terhadap pendidikan agama Islam dalam hal betapa pentingnya pendidikan bela negara dalam Pendidikan Agama Islam, kompetensi guru, tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan metode dalam mengajarkannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch. Fuad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pendidikan Bela Negara, Pendidikan Agama Is-lam, Ibnu Taimiyah.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Islam dan Pemikiran
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 14:08
Last Modified: 14 Jan 2022 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48515

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum