STUDI PERILAKU HARIAN MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis Raffles, 1821) DI PUSAT PENYELAMATAN SATWA CIKANANGA SUKABUMI

Atina Sabilakhadija, NIM. 17106040018 (2021) STUDI PERILAKU HARIAN MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis Raffles, 1821) DI PUSAT PENYELAMATAN SATWA CIKANANGA SUKABUMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI PERILAKU HARIAN MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis Raffles, 1821) DI PUSAT PENYELAMATAN SATWA CIKANANGA SUKABUMI)
17106040018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI PERILAKU HARIAN MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis Raffles, 1821) DI PUSAT PENYELAMATAN SATWA CIKANANGA SUKABUMI)
17106040018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Macaca fascicularis merupakan primata non human yang memiliki keberhasilan adaptasi yang tinggi sehingga memiliki penyebaran yang luas, meskipun demikian spesies ini mengalami penurunan populasi akibat pemburuan liar untuk diperdagangkan sehingga mengakibatkan perubahan perilaku terutama perilaku hariannya. Salah satu upaya menjaga pelestariann dan pemeliharaan Macaca fascicularis dilakukan dengan cara menyediakan kawasan konversi seperti Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) Sukabumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku harian Macaca fascicularis di PPSC. Metode yang digunakan adalah pengamatan secara langsung, menggunakan metode focal time sampling dan mencatat sebanyak mungkin perilaku yang teramati dengan 2 obyek Macaca fascicularis jenis kelamin jantan. Penelitian dilakukan dipagi hari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua Macaca fascicularis di Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) Sukabumi menghabiskan waktunya dengan perilaku yang berbeda-beda , hal ini terjadi karena faktor yang mempengaruhinya, seperti riwayat penyakit, ancaman predator dan pengaruh cuaca. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Frekuensi relatif pada perilaku makan sebesar 20 % (Jantan I) dan 22 % (Jantan II), perilaku istirahat sebesar 40 % (Jantan I) dan 23 % (Jantan II), perilaku Grooming sebesar 11 % pada (Jantan I) dan 27 % (Jantan II), perilaku berjalan sebesar 25 % (Jantan I dan Jantan II), perilaku agonistik sebesar 4 % (Jantan I) dan 3 % (Jantan II). Durasi masing- masing perilaku M.fascicularis pada perilaku makan sebesar 2,2 menit (JantanI) dan 2,6 menit (Jantan II), perilaku istirahat sebesar 4,5 menit (Jantan I) dan 1,6 menit (Jantan II), perilaku Grooming sebesar 1,4 menit (Jantan I) dan 4,2 menit (Jantan II), perilaku bergerak sebesar 1,8 menit (Jantan I) dan 1,6 menit (Jantan II), perilaku agonistik sebesar 0,4 menit (Jantan II) dan 0,2 menit (Jantan II).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Najda Rifqiyati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Macaca fascicularis, Perilaku Harian, Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) Sukabumi.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 20 Jan 2022 14:17
Last Modified: 20 Jan 2022 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48749

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum