IMPLEMENTASI MANEMBAH SUJUD SUMARAH TERHADAP RELIGIUSITAS UMAT MUSLIM DI PAGUYUBAN SUMARAH WIROBRAJAN KOTA YOGYAKARTA

Arman Adiviani Bahari, NIM. 17105020049 (2021) IMPLEMENTASI MANEMBAH SUJUD SUMARAH TERHADAP RELIGIUSITAS UMAT MUSLIM DI PAGUYUBAN SUMARAH WIROBRAJAN KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANEMBAH SUJUD SUMARAH TERHADAP RELIGIUSITAS UMAT MUSLIM DI PAGUYUBAN SUMARAH WIROBRAJAN KOTA YOGYAKARTA)
17105020049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANEMBAH SUJUD SUMARAH TERHADAP RELIGIUSITAS UMAT MUSLIM DI PAGUYUBAN SUMARAH WIROBRAJAN KOTA YOGYAKARTA)
17105020049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Taraf kesalehan seseorang bisa dicermati berdasarkan ketaatannya terhadap aturan-aturan yang dilegitimasi oleh agama. Begitu pula dengan warga Sumarah, sebagian besar mereka berasal dari masyarakat Muslim. Namun seperti yang diketahui, Paguyuban Sumarah merupakan salah satu penghayat kebatinan dan bersifat homogen yang berada di Kelurahan Wirobrajan Kota Yogyakarta. Tentunya pedoman yang digunakan berbeda dengan syariat Islam, yaitu berupa sesanggeman dan praktik manembah sujud. Dalam pelaksanaan sujud biasanya dipimpin oleh seorang Pamong, sedangkan sujud menurut Sumarah tidak termasuk kategori peraktik sujud dalam shalat, melainkan sujud sebagai pemaknaan tunduk dan berpasrah diri kepada Tuhan Allah. Berdasarkan hal tersebut bagaimana pengaruhnya terhadap keberagamaan masyarakat Muslim. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengulas dimensi-dimensi keberagamaan masyarakat Muslim yang berpartisipasi dalam kegiatan manembah sujud Sumarah di Wirobrajan. Penelitian ini berbasis lapangan, dengan pengambilan data melalui observasi lapangan dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh warga Sumarah. Selain itu, melakukan beberapa wawancara dengan warga Sumarah dan sesepuh Paguyuban Sumarah. Sedangkan untuk kelengkapan data, penulis menambahkan beberapa dokumentasi terkait Paguyuban Sumarah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan psikologi agama dengan teori dari Glock and Stark yang membagi sikap keberagamaan dalam beberapa dimensi. Hasil dari penelitian ini, nampaknya keikutsertaan umat Muslim di Paguyuban Sumarah memberikan pengaruh besar bagi sikap keberagamaan umat Muslim. Hal tersebut dilihat berdasarkan pada pola dimensi keberagamaan mereka, dimana Sumarah memotivasi umat Muslim dalam berperilaku dan mendekatkan diri kepada Tuhan dengan jalan rohani yakni manembah sujud Sumarah, dengan pencapaiannya adalah ketenangan batin dan ketentraman jiwa yang mereka peroleh. Meskidemikian bagi mereka tetap mempunyai kewajiban melaksanakan syariat Islam sebagai umat Muslim. Seperti melaksanakan shalat lima waktu, shalat malam, pelantunan shalawat, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Rahmat Fajri, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sujud Sumarah, Dimensi Keberagamaan
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Jan 2022 11:21
Last Modified: 21 Jan 2022 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48775

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum