PLURALITAS BERAGAMA (Studi Kasus Interaksi Sosial-Agama Masyarakat di Vihara Avaloketisvara Dusun Candih, Polagan, Galis, Pamekasan-Madura)

Faizal Bahri Kholily, NIM.: 14520053 (2021) PLURALITAS BERAGAMA (Studi Kasus Interaksi Sosial-Agama Masyarakat di Vihara Avaloketisvara Dusun Candih, Polagan, Galis, Pamekasan-Madura). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PLURALITAS BERAGAMA (Studi Kasus Interaksi Sosial-Agama Masyarakat di Vihara Avaloketisvara Dusun Candih, Polagan, Galis, Pamekasan-Madura))
14520053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PLURALITAS BERAGAMA (Studi Kasus Interaksi Sosial-Agama Masyarakat di Vihara Avaloketisvara Dusun Candih, Polagan, Galis, Pamekasan-Madura))
14520053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam menjalani kehidupan, manusia selalu berhadapan dengan berbagai persoalan tak terkecuali pluralitas. Pluralitas Etnis, pluralitas budaya, pluralitas agama, dan pluralitas bahasa. Dengan pluralitas tersebut masyarakat dapat melihat kehidupan secara luas berbagai fenomena. Untuk menjembatanai akal dan fikiran manusia terhadap fitrah perbedaan, keanekaragaman, dan kompleksitas cara berinteraksi sosial dalam kehidupan sehari-hari, maka dipelukan berbagai macam akomodasi yang dapat mepetemukan akan eksistensi terhadap suatu perbedaan. oleh sebab itu penyusun berupaya menelaah; 1). Bagaimana Bentuk Interaksi sosial masayarakat dalam membangun pluralitas beragama di Vihara Avaloketisvara dengan masyarakat sekitar, 2). Bagaimana upaya mempertahan interaksi sosial dalam membangun plulatas beragama di Vihara Avaloketisvara. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian lapangan (Field Reserach) dan bersifat kualitatif, sementara sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua; yaitu data primer yang merupakana hasil dari temuan dilapangan dan data dan data sekunder yang merupakan pendukung dari penelitian ini seperti literatur yang berkaitan dengan penelitian ini meliputi Library Research ; buku, arsip, dokumen, dan jurnal. Sedangkan teknik pengumpulan data terbagi menjadi tiga hal yaitu; Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya metode analisis data yang digunakan peneliti adalh metode analisis deskriptif dengan cara membaca, menelaah, dan mempelajari data yang sudah diperoleh di lapangan. Kemudian data-data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis melalui teori Talcott Parsons tentang fungsionalis-struktural dalam masyarakat. Temuan dari hasil penelitian ini menunjukkan, 1) Hubungan sosial masyarakat menjadi rukun ketika dihadapkan dengan acara yang merupakan kepentingan bersama atau kegiatan sosial masyarakat seperti; pembangunan sarana dan prasarana infrasturktur umum atau tempat ibadah ataaupun peringatan hari besar keagamaan, haal ini mengungkapakan bahwa interaksi sosial masyarakat di sekitar Lingkungan Vihara Avaloketsvara sangat baik, dan cukup menjadi cerminan masyarakat agar memiliki spirit hidup bertoleransi itu indah. 2). Dinamika sosial yang mempengaruhi Interaksi sosial dalam mempertahankan Pluralitas beragama tetap bertahan dan terjaga dengan baik tanpa harus mendiskreditakan Ummat- kelompok yang berbeda pemahaman, dengan membangun pluralitas beragama yang lebih baik dan mampu membangun kehidupan ummat yang harmonis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dian Nur Anna, S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Pluralitas Beragama, Vihara Avaloketisvara, kerukunan, Harmonis
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 11 Feb 2022 17:59
Last Modified: 11 Feb 2022 17:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum