ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE THERMODYNAMIC DIAGNOSTIC TEST (TTMC-TDT)

Isna Izzatun Nafsi, NIM.16690021 (2022) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE THERMODYNAMIC DIAGNOSTIC TEST (TTMC-TDT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE THERMODYNAMIC DIAGNOSTIC TEST (TTMC-TDT))
16690021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE THERMODYNAMIC DIAGNOSTIC TEST (TTMC-TDT))
16690021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pemahaman siswa adalah kemampuan untuk mengintegrasikan pengetahuan atau konsep baru baru ke dalam pengetahuan atau konsep awal yang dimiliki oleh siswa. Pemahaman konsep sangat penting bagi siswa untuk mempelajari materi fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ngadirojo pada materi termodinamika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang melibatkan 134 siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Ngadirojo yang telah mempelajari materi termodinamika. Teknik pengumpulan data pada menggunakan instrumen Two Tier Multiple Choice Thermodynamic Diagnostic Test (TTMC-TDT) yang dikembangkan oleh Kamcharean dan Wattanakasiwich (2016) dan telah dialih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase pemahaman siswa. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa persentase pemahaman siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ngadirojo pada materi termodinamika adalah sebagai berikut. Untuk kategori memahami konsep sebesar 14,63% (rendah); miskonsepsi-1 (Mi-1) sebesar 19,70% (rendah); miskonsepsi-2 (Mi-2) sebesar 17,96% (rendah); dan tidak paham konsep sebesar 47,71% (sedang). Hasil tersebut menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ngadirojo pada materi termodinamika termasuk dalam kategori rendah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Joko Purwanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pemahaman siswa, termodinamika, TTMC-TDT
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Feb 2022 13:31
Last Modified: 16 Feb 2022 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49350

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum