KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR KAPANEWON PLERET DALAM MENGEMBANGKAN SELF EFFICACY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI SELAMA MASA PANDEMI

Nur Ziadatul Hasanah, NIM: 19204010023 (2022) KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR KAPANEWON PLERET DALAM MENGEMBANGKAN SELF EFFICACY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI SELAMA MASA PANDEMI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR KAPANEWON PLERET DALAM MENGEMBANGKAN SELF EFFICACY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI SELAMA MASA PANDEMI)
19204010023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR KAPANEWON PLERET DALAM MENGEMBANGKAN SELF EFFICACY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI SELAMA MASA PANDEMI)
19204010023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Kapanewon Pleret Dalam Mengembangkan Self efficacy dan Implikasinya Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran PAI Pada Masa Pandemi. Tesis. Yogyakarta: Program Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2022. Menyebarnya virus Covid-19 memberikan dampak pada pembatasan kegiatan masyarakat Indonesia di berbagai sektor terutama bidang pendidikan yang juga terkena dampak pembatasan oleh pemerintah. Hal tersebut mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat dengan meniadakan pembelajaran tatap muka dan menggantinya dengan pembelajaran jarak jauh. Keberhasilan pendidikan di masa pandemi tergantung pada kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Guru harus memiliki semangat dan kepercayaan diri dalam mengemban tugasnya mendidik anak bangsa untuk dapat mendorong tercapainya tujuan dari proses belajar mengajar, sebab semangat dan kepercayaan diri yang tinggi mempengaruhi tingkat motivasi guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya serta dapat melaksanakan pembelajaran PAI pada masa pandemi dengan lancar dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru PAI SD Kapanewon Pleret memiliki kemampuan dalam mengembangkan self efficacy yang baik dilihat dari dimensi level/magnitude, dimensi generality dan dimensi strength. Upaya yang dilakukan guru PAI SD Kapanewon Pleret dalam mengembangkan self efficacy antara lain dengan evaluasi diri, meningkatkan motivasi diri, belajar dari keberhasilan orang lain dan meminta nasihat dari orang lain. 2) pelaksanaan pembelajaran PAI SD Kapanewon Pleret dilaksanakan dengan sistem pembelajaran jarak jauh/daring, layanan konsultasi pembelajaran, blended learning, dan pertemuan tatap muka terbatas (PTM). 3) implikasi kemampuan guru PAI SD Kapanewon Pleret dalam mengembangkan self efficacy dalam pelaksanaan pembelajaran PAI selama masa pandemi antara lain: memberikan motivasi kepada guru PAI dalam menghadapi tantangan tugas, meningkatkan kinerja guru PAI dan memberikan semangat kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbiang : Dr. H. Khamim Zarkasi P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Self efficacy, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran pada masa pandemi.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Feb 2022 13:17
Last Modified: 23 Feb 2022 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum