PERAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) “ARIMBI” DALAM MEMPROMOSIKAN PEMBANGUNAN PERTANIAN DI DUSUN SAMBILEGI KIDUL, KECAMATAN MAGUWOHARJO, KABUPATEN SLEMAN

Dewi Fitriawati, NIM.: 18102030068 (2022) PERAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) “ARIMBI” DALAM MEMPROMOSIKAN PEMBANGUNAN PERTANIAN DI DUSUN SAMBILEGI KIDUL, KECAMATAN MAGUWOHARJO, KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) “ARIMBI” DALAM MEMPROMOSIKAN PEMBANGUNAN PERTANIAN DI DUSUN SAMBILEGI KIDUL, KECAMATAN MAGUWOHARJO, KABUPATEN SLEMAN)
18102030068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) “ARIMBI” DALAM MEMPROMOSIKAN PEMBANGUNAN PERTANIAN DI DUSUN SAMBILEGI KIDUL, KECAMATAN MAGUWOHARJO, KABUPATEN SLEMAN)
18102030068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Peran Kelompok Wanita Tani (KWT) Arimbi dalam mempromosikan pembangunan pertanian merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh kelompok yang beranggotakan wanita untuk melakukan pembangunan pertanian di Padukuhan Sambilegi Kidul, bertujuan untuk pemanfaatan lahan di depan pekarangan rumah untuk ditanami sayur-mayur, serta menjadi pendobrak utama dalam menyediakan pangan keluarga. Usaha dalam pembangunan pertanian bertujuan untuk mengajak sekaligus menyadarkan masyarakat yang bukan anggota KWT Arimbi untuk bercocok tanam di depan pekarangan rumah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana bentuk peran KWT Arimbi dalam mempromosikan pembangunan pertanian di Desa Sambilegi Kidul, Bagaimana dampak dari program promosi pembangunan pertanian yang di lakukan KWT Arimbi di Desa Sambilegi Kidul. Hal tersebut untuk mendeskripsikan peran yang dilakukan KWT Arimbi dalam mempromosikan pembangunan pertanian di Desa Sambilegi Kidul dan untuk mengetahui bagaimana dampak dari program pembangunan pertanian yang dilakukan KWT Arimbi di Desa Sambilegi Kidul. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang usaha, peran serta hasil mempromosikan pembangunan pertanian di Desa Sambilegi Kidul. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam teknik penentuan informan dan teknik sampling menggunakan purposive sampling yang berdasarkan kriteria dengan menggunakan teknik pengumpulan data antara lain dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan empat responden. Dengan mengumpulkan data menggunakan ketiga teknik tersebut maka akan dilihat validitas data serta dianalisis dengan menggunakan beberapa tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yang pertama, menunjukan bahwa usaha yang dilakukan oleh KWT Arimbi dalam melakukan pembangunan pertanian yaitu dengan cara mengajak masyarakat untuk bercocok tanam bibit aloevera. Kedua, peran KWT Arimbi ini ada empat peran yaitu : peran fasilitatif, peran pendidikan, peran perwakilan serta peran keterampilan teknik. Ketiga, hasil dari KWT Arimbi dalam mempromosikan pembangunan pertanian yaitu : partisipasi masyarakat dalam kegiatan KWT Arimbi, menumbuhkan kemandirian serta adanya peningkatan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Beti Nur Hayati, M.A
Uncontrolled Keywords: Peran KWT; pembangunan pertanian; kemitraan; promosi pembangunan
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Wanita Dalam Keluarga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2022 11:43
Last Modified: 24 Feb 2022 11:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49724

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum