IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH ALAM SAYANG IBU DASAN GERIA, LINGSAR, LOMBOK BARAT

Husain Annuri, NIM. 12490033 (2019) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH ALAM SAYANG IBU DASAN GERIA, LINGSAR, LOMBOK BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH ALAM SAYANG IBU DASAN GERIA, LINGSAR, LOMBOK BARAT)
12490033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH ALAM SAYANG IBU DASAN GERIA, LINGSAR, LOMBOK BARAT)
12490033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap konsep pendidikan di di MTs. Alam Sayang Ibu, khususnya terhadap penerapan model E-Money, E- Diary, dan E-Library di Madrasah tersebut. Kemudian berdasarkan kertarikan tersebut serta kajian terhadap beberapa hasil penelitian terdahulu, maka penulis menetapkan judul penelitian “Implementasi Sistem Informasi Mananjemen dan Implikasinya Terhadap Semangat Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Alam Sayang Ibu Dasan Geria, Lingsar, Lombok Barat”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan SIM yang dilakukan oleh MTs. Alam Sayang Ibu dan melihat implikasinya terhadap siswa. Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk menjadi pembelajaran positif bagi seluruh madrasah khususnya, dan seluruh lembaga pendidikan di Indonesia umumnya, serta dapat memberikan kontribusi positif bagi keilmuan Manajemen Pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah beberapa orang pendidik dan tenaga kependidikan di MTs. Alam Sayang Ibu yang telah ditetapkan sebelumnya karena dianggap memenuhi kualifikasi tertentu yang ditentukan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi non participatory, wawancara mendalam, dan deskripsi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama pengelolaan sekolah yang dilakukan oleh MTs. Alam Sayang Ibu melingkupi perencanaan dalam bentuk koordinasi dengan stakeholder meliputi wali siswa dan pihak sekolah, lalu membagi tugas secara terperinci dari tingkat tertinggi hingga tingkat terendah untuk dijalankan oleh seluruh pihak sesuai dengan posisinya masing-masing sambil membuat catatan-catatan khusus yang akan dibahas pada forum monitoring-evaluasi (mones) guna menetapkan kebijakan-kebiajakan yang dianggap perlu. Kedua, Implementasi SIM di MTs. Alam Sayang Ibu dilakukan dalam tiga bentuk, yaitu Transaction Processing System (TPS) yaitu setiap kegiatan transaksional dilakukan dengan melibatkan pihak ketiga yaitu Bank sebagai mitra sehingga tidak ada transaksi secara cash, Process Control System (PCS), yaitu pembuatan sistem keamanan yang hanya dapat diakses oleh siswa atau orang yang xviii memiliki atau mengetahui usarname dan password, dan Office Automation System (OAS) yang implementasinya dilakukan dengan dibuatkannya satu buah ruangan khusus yang berfungsi sebagai kantor untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mengirim data kepada seluruh pihak. Ketiga, implikasi dari implementasi SIM dapat dibagi menjadi implikasi positif dan implikasi negatif. Untuk implikasi positif ialah mampu meningkatkan semangat belajar siswa, dapat melatih siswa menjadi lebih hemat, dan dapat meningkatkan keamanan bagi siswa, sedangkan implikasi negatifnya ialah siswa menjadi ketergantungan terhadap teknologi, dan secara fisik dapat meningkatkan kemungkinan bagi siswa mengalami gangguan penglihatan atau rabun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Zainal Arifin, M.SI.,
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Implikasi, SIM, MTs Alam Sayang Ibu
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Mar 2022 12:54
Last Modified: 08 Mar 2022 12:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49881

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum