ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DALAM MENUNJANG PRESTASI SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR POTOAN DAJA PALENGAAN PAMEKASAN

Syamsul Arifin B, NIM. 15490035 (2019) ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DALAM MENUNJANG PRESTASI SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR POTOAN DAJA PALENGAAN PAMEKASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DALAM MENUNJANG PRESTASI SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR POTOAN DAJA PALENGAAN PAMEKASAN)
15490035_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DALAM MENUNJANG PRESTASI SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR POTOAN DAJA PALENGAAN PAMEKASAN)
15490035_BAB_II_sampai-sebelum_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap prestasi santri di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar yang di kembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler sangat penting bagi pesantren. Melalui keefektifan kegiatan ekstrakurikuler, Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar mampu menunjang santri untuk berprestasi serta menjadi juara baik tingkat kabupaten, Madura, provinsi, nasional maupun internasional. Kegiatan ektrakurikuler merupakan kegiatan yang biasa dilakukan di luar kelas dan di luar jam pelajaran (kurikulum) untuk menumbuh kembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki peserta didik, baik berkaitan dengan aplikasi ilmu pengetahuan yang didapatkannya maupun dalam pengertian khusus untuk membimbing peserta didik dalam mengembangkan potensi dan bakat yang ada dalam dirinya melalui kegiatan-kegiatan yang wajib maupun pilihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam mengenai: 1) efektivitas kegiatan ekstrakurikuler untuk menunjang prestasi santri di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar. 2) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler untuk menunjang prestasi santri di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, transkrip, coding, grouping, comparing, dan contrasting, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Bahwa dengan kegiatan ekstrakurikuler para santri mendapatkan peningkatan dalam hal bakat, minat dan kemampuan, karena dengan kegiatan ekstrakurikuler pengembangan potensi dan sikap lebih terarah (2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sudah efektif dalam menunjang prestasi santri serta sudah diterapkan dengan baik, meliputi (a) pembinaan terus menerus secara istiqomah (b) hari kreatifitas santri (c) mengadakan rekrutmen. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan prestasi santri (a) internal (b) eksternal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Misbah Ulmunir, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pelaksanaan Ekstrakurikuler, Prestasi Santri
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Mar 2022 13:47
Last Modified: 08 Mar 2022 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49890

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum