PEMAHAMAN HADIS-HADIS ADAB PERSPEKTIF MOHAMMAD BIN ISMAIL AL-AMIR AS-SHAN’ANI (Studi Kitab Subul Al-Salam)

Alfika Inayatul Masruroh, NIM.18105050034 (2022) PEMAHAMAN HADIS-HADIS ADAB PERSPEKTIF MOHAMMAD BIN ISMAIL AL-AMIR AS-SHAN’ANI (Studi Kitab Subul Al-Salam). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMAHAMAN HADIS-HADIS ADAB PERSPEKTIF MOHAMMAD BIN ISMAIL AL-AMIR AS-SHAN’ANI (Studi Kitab Subul Al-Sala>m))
18105050034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMAHAMAN HADIS-HADIS ADAB PERSPEKTIF MOHAMMAD BIN ISMAIL AL-AMIR AS-SHAN’ANI (Studi Kitab Subul Al-Sala>m))
18105050034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Subul al-Sala>m merupakan salah satu kitab karya Imam As-Shan‟ani yang banyak dikaji di pesantren-pesantren Indonesia. Kitab tersebut termasuk salah satu contoh kitab yang membahas tentang pemahaman hadis yang tertuang dalam perilaku-perilaku serta hukum fiqih di pembahasannya. Fokus peneliti ini adalah untuk mengetahui pemahaman hadis-hadis adab menurut Imam As-Shan‟ani serta relevansinya terhadap zaman sekarang. Penelitian ini bersifat kualitatif dan berbasis library research. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode tahlili, yaitu memahami hadis dengan cara mengurai, menganalisis, dan menjelaskan makna-makna yang terkandung dalam hadis Nabi saw dengan memaparkan aspek-aspek yang terkandung didalamnya sesuai dengan kecenderungan pensyarah. metode atau pisau analisis dalam sebuah penelitian. Peneliti menggunakan teori ilmu Ma‟ni al-Hadis perspektif Abdul Mutaqim, yaitu dengan menentukan teks yang akan dijelaskan – menganalisis sanad dan matan - berhubungan dengan konteks zaman sekarang. Penelitian ini kemudian menghasilkan beberapa hal, yaitu: 1) Pemahaman hadis adab Imam As-Shan‟ani dalam kitab tersebut condong ke istimbat hukum dan bagaimana adab tersebut bisa di relevansikan. 2) Pemahaman beliau sangat masih relevan dengan kehidupan zaman sekarang. Dalam hidup, umat Islam harus memperhatikan pentingnya cara ber etika dalam berhungan dengan Tuhan maupun sesama manusia. 3) Hadis Berdasarkan hasil takhrij dan I‟tibar sanad yang dialakukan oleh peneliti, hadis-hadis adab yang dipilih dalam penelitian ini memiliki kualitas yang shohih dari segi sanad (shahih al-isnad). Imam As-Shan‟ani Dalam menganalisa matan hadis, memiliki ciri khas mengedepankan kandungan hukum (ahkam) dari hadis Rasul. Beliau juga selalu memperkuat pendapatnya dengan mengambil dalil dari hadis-hadis lain dan qaul ulama. Berdasarkan hasil penelitian matan hadis-hadis tersebut juga bersifat shahih. Sebab hadis-hadisnya sudah memenuhi dari kriteria kesahihan sanad dan matan. 4) Kitab Subul al-Salam terbitan Darul Makiyah yang digunakan peneliti empat jilid dengan jumlah hadis sebanyak 1447 hadis, kitab tentang adab berada di jilid empat yaitu pada kitab al-jami‟ pada bab 1. Kualitas hadis yang berada pada bab – bab adab ini shohih dilihat dari segi sanadnya yang bersambung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Saifuddin Zuhri Qudsy, S.Th.I., M.A.,
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Hadis Adab, Imam As-Shan’ani, Kitab Subul al-salam.
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Mar 2022 13:32
Last Modified: 31 Mar 2022 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50220

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum