PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI KELAS VIII C MTS ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

SYARWIN DWI PUTRA, NIM : 16410094 (2020) PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI KELAS VIII C MTS ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI KELAS VIII C MTS ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
16410094_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI KELAS VIII C MTS ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
16410094_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan anak remaja sejak dini harus mendapatkan perhatian yang lebih serius terutama dalam pendidikan akhlak agar mereka tidak tumbuh menjadi anak yang lemah iman dan lemah akhlak sehingga mereka tumbuh dewasa menjadi generasi yang saleh dan salehah. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan, bagaimana hasil yang dicapai dalam pelaksanaan pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan, dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan kedisiplinan dan kepedulian sosial. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di Kelas VIII C MTs. Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan terbagi menjadi dua, yaitu pembiasaan kedisiplinan dan pembiasaan kepedulian sosial. Pembiasaan kedisiplinan meliputi salam ceria pagi untuk menyambut kedatangan siswa di madrasah yang akan menciptakan suasana yang penuh dengan kedekatan dan keakraban antara siswa dan guru, apel pagi sebagai media untuk mengkondisikan siswa agar siap untuk belajar, dan apel siang sebagai evaluasi belajar siswa setiap hari. Sedangkan pembiasaan kepedulian sosial yang meliputi Senin infak atau pengumpulan dana sosial oleh siswa setiap hari Senin dan mengheningkan cipta kepada korban yang tertimpa bencana. (2) Hasil pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan sudah cukup baik, hal itu terlihat dari beberapa siswa yang sebelumnya dianggap akhlaknya kurang baik, namun setelah dilakukan pembinaan akhlak melalui metode pembiasaan, mengalami perubahan perilaku yang positif. Perubahan itu dapat terlihat seperti siswa yang mengikuti kegiatan dan menaati aturan yang diterapkan oleh madrasah, tingkah lakunya mengarah kepada hal yang baik sesuai dengan ajaran agama yaitu di antaranya berperilaku hormat, disiplin, peduli terhadap sesama, dan murah hati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Metode Pembiasaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Apr 2022 10:51
Last Modified: 12 Apr 2022 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50436

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum