ANALISIS PENGHAPUSAN MATERI KHILAFAH DAN JIHAD PADA BUKU SISWA MATA PELAJARAN FIKIH MADRASAH ALIYAH KELAS XII

Ibrahim Basyarahil, NIM. 18104010070 (2022) ANALISIS PENGHAPUSAN MATERI KHILAFAH DAN JIHAD PADA BUKU SISWA MATA PELAJARAN FIKIH MADRASAH ALIYAH KELAS XII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGHAPUSAN MATERI KHILAFAH DAN JIHAD PADA BUKU SISWA MATA PELAJARAN FIKIH MADRASAH ALIYAH KELAS XII)
18104010070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGHAPUSAN MATERI KHILAFAH DAN JIHAD PADA BUKU SISWA MATA PELAJARAN FIKIH MADRASAH ALIYAH KELAS XII)
18104010070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pemberitaan media massa yang menyebutkan bahwa Kementerian Agama merespon kritik dari masyarakat dan DPR mengenai penarikan soal ujian dan konten pelajaran Madrasah tentang materi Khilafah dan Jihad. Kemenag merombak ulang silabus dan buku pedoman pembelajaran PAI dan Bahasa Arab dari tingkat MI hingga MA keagamaan maupun regular. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah apakah ada muatan unsur radikalisme dalam materi khilafah dan jihad di buku PAI Madrasah Aliyah mata pelajaran Fikih MA Kelas XII Kemenag 2016, Fikih MA Kelas XII Kemenag 2019, dan SKI Kelas XII Kemenag 2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan (Library Research). Library research dilakukan dengan menelaah dokumen, arsip, koran, majalah, jurnal, maupun buku-buku yang berkaitan dengan topic yang dibahas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis ini (content analysis). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Dari hasil telaah pada buku Fikih Madrasah Aliyah Kelas XII/ Kementerian Agama 2016 terdapat unsur materi yang membahas tentang khilafah yang terdapat dalam bab I. Sedangkan dalam buku Fikih Madrasah Aliyah Kelas XII/ Kementerian Agama dan buku Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII/ Kementerian Agama 2020 tidak terdapat muatan unsur materi khilafah. (2) Dari hasil telaah pada buku Fikih Madrasah Aliyah Kelas XII/ Kementerian Agama 2016 terdapat unsur materi yang membahas tentnag jihad yang terdapat pada bab II. Sedangkan dalam buku Fikih Madrasah Aliyah Kelas XII/ Kementerian Agama dan buku Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII/ Kementerian Agama 2020 tidak terdapat muatan unsur materi jihad. (3) Hal yang menyebabkan dihapusnya materi khilafah dan jihad dari buku Fikih Madrasah Aliyah Kelas adalah dikarenakan materi yang membahas tentang khilafah yang mana dapat disalahpahami baik oleh pendidik maupun peserta didik sebagai Khilafah Islamiyah yang harus ditegakkan. Khilafah Islamiyah tersebut bertentangan dengan konsep bernegara di Indonesia. Sedangkan materi jihad dapat disalahpahami baik oleh pendidik maupun peserta didik. Pengertian jihad bisa disalahpahami apabila guru memberikan perspektif yang salah mengenai arti jihad. Jihad diartikan dengan perspektif sempit sebagai perang mengangkat senjata sedangkan jihad memiliki makna yang luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, Khilafah, Jihad, Radikalisme
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Apr 2022 09:24
Last Modified: 13 Apr 2022 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50442

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum