PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS CHEMO-ENTREPRENEURSHIP TERINTEGRASI PENDIDIKAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA S

Sutria Ningrum, NIM. 18106070020 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS CHEMO-ENTREPRENEURSHIP TERINTEGRASI PENDIDIKAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA S. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS CHEMO-ENTREPRENEURSHIP TERINTEGRASI PENDIDIKAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA S)
18106070020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS CHEMO-ENTREPRENEURSHIP TERINTEGRASI PENDIDIKAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA S)
18106070020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Inovasi pembelajaran kimia perlu terus diupayakan untuk menyiapkan peserta didik di Era Society 5.0 dalam rangka mengatasi masalah akademik dan nonakademik, termasuk masalah sosial pada remaja. Salah satu inovasi pembelajaran kimia yang dilakukan melalui penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran kimia berbasis chemo-enterpreneurship terintegrasi pendidikan nilai. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran kimia berbasis chemo-entrepreneurship terintegrasi pendidikan nilai terhadap hasil belajar (kognitif dan afektif) dan motivasi belajar siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Meraksa Aji Tulang Bawang Lampung. Kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Pretest-Posttest Group Design dipilih sebagai metode penelitian, dan sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling jenuh untuk menentukan kelas kontrol (XI MIA 1) dan kelas eksperimen (XI MIA 2). Data hasil belajar afektif diungkap melalui angket, kemudian dilakukan Uji Mann-Whitney terhadap hasil isian angket, dan diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 atau nilai signifikasi (2-tailed) < 0.05. Data hasil belajar kognitif diungkap dengan soal pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan uji independent sample T-test dan diperoleh nilai signifikansi 0,038 atau signifikansi (2-tailed) < 0,05. Data motivasi belajar diperoleh melalui angket, kemudian dilakukan uji Mann-Whitney pada kelas kontrol dan eksperimen dan diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.000 atau nilai signifikasi (2-tailed) < 0.05. Ketiga hasil uji statistik menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran kimia berbasis chemo-entrepreneurship terintegrasi pendidikan nilai terhadap hasil belajar (afektif dan kognitif) dan motivasi belajar siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Meraksa Aji, Tulang Bawang, Lampung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si. Ph.D.
Uncontrolled Keywords: chemo-entreprenurship; pendidikan nilai; quasi eksperimen; motivasi belajar; hasil belajar
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Apr 2022 10:16
Last Modified: 13 Apr 2022 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50449

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum