STRATEGI PEMERINTAH DESA POTORONO DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) DESA UNTUK PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL

Surya Hadi Pranoto, NIM.: 18103070021 (2022) STRATEGI PEMERINTAH DESA POTORONO DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) DESA UNTUK PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMERINTAH DESA POTORONO DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) DESA UNTUK PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL)
18103070021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMERINTAH DESA POTORONO DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) DESA UNTUK PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL)
18103070021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Deklarasi tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals sebagai suatu rencana global, yang disepakati oleh pemimpin-pemimpin dunia, termasuk Indonesia, membuat berbagai pihak mulai memandang penting pembangunan berkelanjutan untuk di implementasikan. SDGs ditempatkan pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2021, yang kemudian dikenal sebagai SDGs Desa. Untuk melihat keaadan riil di lapangan terkait SDGs Desa ini kemudian penyusun melakukan penelitian di Desa Potorono. Setelah melakukan studi pendahuluan, timbul permasalahan; Bagaimana Pemerintah Desa Potorono turut mewujudkan pemulihan ekonomi nasional melalui strategi implementasi SDGs Desa? Bagaimana tinjauan maslahah terhadap strategi Pemerintah Desa Potorono dalam mewujudkan SDGs Desa untuk pemulihan ekonomi nasional? Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan atau field research, dengan mengumpulkan data maupun informasi yang bersumber dari lapangan. Penelitian ini bersifat yuridis-empiris. Data tersebut diperoleh dari kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta ditambah dari literatur-litarur terkait. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif. Analisis dalam penelitian ini menggunakan dan mengkombinasikan konsep kewenangan, implementasi kebijakan dan maslahah sebagai landasan teori. Hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan tentang strategi Pemerintah Desa Potorono mewujudkan SDGs Desa untuk Pemulihan Ekonomu Nasional sesuai kewenangan desa dan Strategi Pemerintah Desa Potorono dalam mewujudkan SDGs Desa ini juga sesuai dengan prinsip-prinsip maslahah dalam hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Oman Fathurohman SW, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: SDGs Desa, Pemulihan Ekonomi Nasional, Kewenangan, Maslahah.
Subjects: Hukum Tata Negara
Pemerintahan Desa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Apr 2022 12:39
Last Modified: 17 May 2022 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50735

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum