UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI AKHLAKUL KARIMAH MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XII BAHASA MAN 1 YOGYAKARTA

Sakinatul Aminah, NIM.: 18104010099 (2022) UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI AKHLAKUL KARIMAH MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XII BAHASA MAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI AKHLAKUL KARIMAH MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XII BAHASA MAN 1 YOGYAKARTA)
18104010099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI AKHLAKUL KARIMAH MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XII BAHASA MAN 1 YOGYAKARTA)
18104010099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran selama pandemi dilaksanakan secara daring dengan menggunakan media pembelajaran Micosoft Teams, Geschool, dan sebagainya. Guru PAI pada pembelajaran daring sering menemukan pudarnya akhlakul karimah peserta didik. Guru PAI hanya dapat melihat ketika proses pembelajaran berlangsung dikarenakan kerbatasan virtual pada pembelajaran daring. Beberapa diantaranya adalah etika komunikasi melalui whatsapp yang terkadang tidak melihat waktu, tidak memakai seragam ketika proses pembelajaran, tidak menyalakan kamera, dipanggil tidak menjawab, dan penggunaan sosial media untuk memamerkan sesuatu ataupun lainnya berkaitan dengan akhlak. Hal-hal kecil ini jika tidak diperhatikan maka akan membawa pengaruh pagi peserta didik kedepannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang tempat penelitiannya berada di MAN 1 Yogyakarta. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis hasil penelitian dikerjakan melalui reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan tahap penulisan laporan. Sementara itu, untuk uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Melalui penelitian, dapat diketahui hasilnya yaitu: (1) Penggunaan metode yang bervariasi merupakan salah satu upaya guru PAI dalam menanamkan nilai akhlakul karimah melalui pembelajaran daring di kelas XII Bahasa MAN 1 Yogyakarta. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, penugasan, kuis atau tanya jawab, dan cerita yang terbatas dengan aplikasi pembelajaran di ruang virtual. (2) Mengoptimalkan media pembelajaran menjadi cara efektif pada masa pandemi. Pembelajaran daring tidak dapat terhindar dari media pembelajaran yang sudah dilengkapi fitur-fitur yang mendukung. Media pembelajaran yang terdiri atas whatsapp group, microsoft teams, geschool atau K2MADIY, google meet, dan google Form. (3) Selain itu melalui pengajian online, evaluasi pembelajaran, keteladanan, nasehat dan perumpamaan, motivasi, dan pembiasaan. (4). Adapun faktor pendukunya yaitu orang tua, lingkungan yang mendukung, tercukupinya sarana dan prasarana, dan platform pembelajaran atau teknologi pembelajaran. (5) Sedangkan untuk faktor penghambatnya meliputi kekuatan jaringan, kurangnya dukungan dari orang tua, kekurangan pada setiap teknologi pembelajaran, paket data, dan kapasitas alat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.
Uncontrolled Keywords: guru PAI; akhlakul karimah; pembelajaran daring; peserta didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Apr 2022 14:09
Last Modified: 17 Oct 2022 11:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50866

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum