HARMONI SOSIAL KEAGAMAAN ANTARA NAHDLATUL ULAMA, MUHAMMADIYAH DAN SALAFI DI DESA KALITENGAH, KECAMATAN GOMBONG, KABUPATEN KEBUMEN

Umu Nur Azizah, NIM.: 18105020049 (2022) HARMONI SOSIAL KEAGAMAAN ANTARA NAHDLATUL ULAMA, MUHAMMADIYAH DAN SALAFI DI DESA KALITENGAH, KECAMATAN GOMBONG, KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HARMONI SOSIAL KEAGAMAAN ANTARA NAHDLATUL ULAMA, MUHAMMADIYAH DAN SALAFI DI DESA KALITENGAH, KECAMATAN GOMBONG, KABUPATEN KEBUMEN)
18105020049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HARMONI SOSIAL KEAGAMAAN ANTARA NAHDLATUL ULAMA, MUHAMMADIYAH DAN SALAFI DI DESA KALITENGAH, KECAMATAN GOMBONG, KABUPATEN KEBUMEN)
18105020049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pluralitas masyarakat Indonesia tidak hanya karena keanekaragaman suku, budaya, bahasa, dan ras, tetapi juga agama. Dalam hal agama, survei beberapa tahun terakhir memberi kesan mudahnya agama mejadi alat provokasi terciptanya konflik, baik konflik internal maupun konflik eksternal. Namun, fakta ini berbeda dengan keadaan di Desa Kalitengah yang memiliki masyarakat dengan beragam paham keagamaan tetapi mampu hidup rukun dan harmonis. Oleh sebab itu, keberagaman yang ada di Desa Kalitengah menjadi fakta sosial yang patut untuk dikaji. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research yang menggunakan metode kualitatif dan menggunakan teknik analisis deskriptif. Adapun pendekatan yang peneliti gunakan adalah dengan menggunakan pendekatan sosiologi serta pisau analisis teori fungsional struktural perspektif Talcott Parsons. Penelitian ini menjawab dua rumusan masalah dalam penelitian, yaitu: 1) Apa faktor yang melatar belakangi harmoni sosial keagamaan antara Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan Salafi di Desa Kalitengah; 2) Bagaimana bentuk harmoni sosial keagamaan dan cara merawat harmoni sosial keagamaan antara Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan Salafi di Desa Kalitengah. Hasil dari penelitian ini yang pertama, keharmonisan ini tercipta karena adanya keterbukaan masyarakat dan pemerintahan desa; serta implementasi paham keagamaan pada kehidupan sehari-hari. Kedua, perbedaan dalam masyarakat tidak menjadi sebuah halangan untuk hidup harmonis. Masyarakat Desa Kalitengah justru hidup dengan damai dan rukun karena memelihara sikap saling menghargai terhadap perbedaan. Kegiatan sosial dan keagamaan menjadi ajang untuk saling bersosialisasi satu sama lain. Selanjutnya, upaya untuk menjaga harmoni sosial keagamaan di Desa Kalitengan adalah adanya interaksi positif antar masyarakat dan peran kepala desa yang mengatur kebijakan agar sesuai dengan nilai dan norma yang ada di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Khadijah Nurul Aula, S.Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: intra agama; Salafi; Muhammadiyah; NU; interaksi positif; tokoh masyarakat
Subjects: Organisasi Masyarakat
Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 May 2022 15:06
Last Modified: 11 May 2022 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50998

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum