RESPONS JEMAAH HAJI KBIHU AR-ROYYAN KABUPATEN GRESIK TERHADAP PEMBATALAN KEBERANGKATAN IBADAH HAJI DI MASA PANDEMI TAHUN 2020

Alfah Anis Zaidah, NIM.: 18102040001 (2022) RESPONS JEMAAH HAJI KBIHU AR-ROYYAN KABUPATEN GRESIK TERHADAP PEMBATALAN KEBERANGKATAN IBADAH HAJI DI MASA PANDEMI TAHUN 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPONS JEMAAH HAJI KBIHU AR-ROYYAN KABUPATEN GRESIK TERHADAP PEMBATALAN KEBERANGKATAN IBADAH HAJI DI MASA PANDEMI TAHUN 2020)
18102040001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (RESPONS JEMAAH HAJI KBIHU AR-ROYYAN KABUPATEN GRESIK TERHADAP PEMBATALAN KEBERANGKATAN IBADAH HAJI DI MASA PANDEMI TAHUN 2020)
18102040001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Covid-19 yang ada di Indonesia mengakibatkan munculnya kebijakan pemerintah dalam upaya memutus penyebarannya seperti: memakai masker, jaga jarak, dan pembatasan kegiatan. Selain itu, berdampak pada keberangkatan ibadah haji tahun 2020 yang dibatalkan untuk sementara waktu, hal ini tertuang dalam KMA No. 494 Tahun 2020 Tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M. Kebijakan tersebut menimbulkan respons dari jemaah haji tahun2020. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada kepala KBIHU Ar-Royyan, pengurus KBIHU Ar-Royyan dan jemaah haji KBIHU Ar-Royyan tahun 2020. Adapun metode analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, respons jemaah haji KBIHU Ar-royyan terhadap pembatalan keberangkatan ibadah haji tahun 2020 adalah respons kognitif tentang informasi pembatalan ibadah haji mayoritas jemaah peroleh dari televisi. Respons afektif jemaah merasa sedih karena usia, kesehatan, hidup dan mati. Selain itu, jemaah merasa tidak kecewa, menerima apa adanya bahkan biasa-biasa saja. Dampak pembatalan keberangkatan ibadah haji yaitu sisi negatifnya berupa perubahan pola pikir, lebih sensitif apabila disinggung mengenai pembatalan keberangkatan ibadah haji. Sedangkan sisi positifnya media massa merupakan media untuk memperoleh informasi yang bermanfaat, lebih sabar, menerima apa adanya, terhindar dari resiko tertular COVID-19, serta lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: HM. Toriq Nurmadiansyah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Respons, Jemaah Haji, Pembatalan, Pandemi
Subjects: Covid-19
Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Jun 2022 10:32
Last Modified: 02 Jun 2022 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum