UPAYA PERLINDUNGAN ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KAMPUNG KB AMUBAWA SASANA RW 01 KELURAHAN SUBANG JAYA KECAMATAN CIKOLE KOTA SUKABUMI)

Sendi Kurnia, NIM.: 18102050016 (2022) UPAYA PERLINDUNGAN ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KAMPUNG KB AMUBAWA SASANA RW 01 KELURAHAN SUBANG JAYA KECAMATAN CIKOLE KOTA SUKABUMI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PERLINDUNGAN ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KAMPUNG KB AMUBAWA SASANA RW 01 KELURAHAN SUBANG JAYA KECAMATAN CIKOLE KOTA SUKABUMI))
18102050016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PERLINDUNGAN ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KAMPUNG KB AMUBAWA SASANA RW 01 KELURAHAN SUBANG JAYA KECAMATAN CIKOLE KOTA SUKABUMI))
18102050016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari banyaknya potensi dampak negatif pandemi Covid-19 yang terjadi pada anak termasuk di Kampung KB AMSAS hingga anak membutuhkan suatu upaya perlindungan. Metode pada penelitian ini ditempuh dengan pendekatan kualitatif dan dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subyek penelitian ditentukan melalui purposive sampling. Uji validitas keabsahan datanya melalui triangulasi dan member check sedangkan uji reliabilitasnya dilakukan melalui audit terhadap keseluruhan proses penelitan oleh yang berkompeten. Analisis datanya menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman dengan beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitiannya yaitu bahwa bentuk-bentuk upaya perlindungan anak yang dilakukan adalah membatasi aktivitas diluar rumah, menerapkan PHBS, vaksinasi Covid-19, pendampingan belajar, komunikasi intens, dan pengawasaan penggunaan gadget. Dalam pelaksanaannya juga diterapkan prinsip perlindungan anak dengan baik. Faktor penghambat dalam upaya perlindungan anak adalah adanya penurunan perekonomian keluarga, lingkungan padat penduduk dan kumuh, orang tua tidak maksimal menjadi role model, keenganan mengikuti vaksinasi, bias kognitif, culture shock, dan kreativitas orang tua yang rendah. Sedangkan faktor pendukungnya adalah tetap berjalannya program di Kampung KB AMSAS, kemampuan masyarakat yang baik dalam mengelola ekonomi rumah tangga, pola asuh anak yang dinamis, rasa peduli terhadap sesama, dan kepemilikan gadget pada setiap keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khotibul Umam, M.Si
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Anak, Kesejahteraan Anak, Pandemi Covid-19
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Kesejahteraan Sosial
Covid-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Jun 2022 14:34
Last Modified: 02 Jun 2022 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51174

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum