PENANAMAN NILAI – NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA SANTRI DALAM PROGRAM PEKAN DAKWAH PONDOK PESANTREN KARANGASEM MUHAMMADIYAH PACIRAN – LAMONGAN

Auliyaul Fajriyah, NIM.: 15410030 (2020) PENANAMAN NILAI – NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA SANTRI DALAM PROGRAM PEKAN DAKWAH PONDOK PESANTREN KARANGASEM MUHAMMADIYAH PACIRAN – LAMONGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI – NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA SANTRI DALAM PROGRAM PEKAN DAKWAH PONDOK PESANTREN KARANGASEM MUHAMMADIYAH PACIRAN – LAMONGAN)
15410030_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI – NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA SANTRI DALAM PROGRAM PEKAN DAKWAH PONDOK PESANTREN KARANGASEM MUHAMMADIYAH PACIRAN – LAMONGAN)
15410030_BAB II_ III.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Penanaman nilai-nilai Pendidikan Islam merupakan hal penting yang harus ditanamkan kepada santri terutama dalam Pondok Pesantren. Penanaman nilai Ke-Islaman merupakan sebagai bentuk upaya untuk membentengi diri santri dari hal - hal negatif. Pada umumnya Nilai-nilai Pendidikan Islam ditanamkan melalui pembelajaran di kelas. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana proses penanaman nilai-nilai Pendidikan Islam pada santri yang dilakukan dalam proses pelaksanaan Program Pekan Dakwah. Melalui kegiatan Program Pekan Dakwah Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran – Lamongan berusaha untuk menanamkan Nilai – nilai Pendidikan Islam agar santri dapat membentengi diri dari hal – hal negatif. Hal yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan Program Pekan Dakwah Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran – Lamongan ? dan Upaya Penanaman Nilai –nilai Pendidikan Islam pada Santri dalam Program Pekan Dakwah di Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran – Lamongan? Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan, dan kemudian dari data tersebut menjadi sebuah kesimpulan. xii Hasil penelitian menunjukkan terjadinya proses Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam yang berjalan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan Program Pekan Dakwah dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu tes kalayakan mengikut Pekan Dakwah, pembagian Kelompok, Pembekalan atau Workshop Metodologi Muballigh, penerjunan di Lapangan, pelaksanaan Program Pekan Dakwah di Desa Parengan, dan evaluasi. 2) Upaya penanaman nilai-nilai Pendidikan Islam dalam program Pekan Dakwah yang dilakukan yaitu melalui kegiatan pembekalan seperti Muh d r h, Muh d h, halaqah, kultum dan kegiatan lain seperti kultum ashar dan isya, mengaji sore, pembagian zakat fitrah, tadarus dan silaturrahmi sekaligus pembagian parcel bagi orang yang kurang mampu. Yang didalamnya terdapat beberapa metode yaitu metode pembiasaan, keteladanan, pemberian ganjaran, ceramah, diskusi dan metode kerja lapangan. Dengan tiga nilai pokok Pendidikan Islam yaitu Nilai Akidah, Ibadah, dan Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Indra Fajar Nurdin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Program Pekan Dakwah, Penanaman nilainilai Pendidikan Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 20 Jun 2022 15:38
Last Modified: 20 Jun 2022 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51237

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum