NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN TILAWATIL QUR’AN (Studi Kasus di Divisi Tilawah Unit Kegiatan Mahasiswa Jam’iyyah Al-Qurra’ wa Al-Huffaz Al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Muhammad Ali Romdhoni, NIM.: 15410041 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN TILAWATIL QUR’AN (Studi Kasus di Divisi Tilawah Unit Kegiatan Mahasiswa Jam’iyyah Al-Qurra’ wa Al-Huffaz Al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN TILAWATIL QUR’ĀN (Studi Kasus di Divisi Tilawah Unit Kegiatan Mahasiswa Jam’iyyah Al-Qurra’ wa Al-Huffaẓ Al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
15410041_BAB I_SEBELUJMM_BAB IV DAN DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN TILAWATIL QUR’ĀN (Studi Kasus di Divisi Tilawah Unit Kegiatan Mahasiswa Jam’iyyah Al-Qurra’ wa Al-Huffaẓ Al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
15410041_BAB II DAN BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Divisi Tilawah UKM JQH al-Mizan merupakan sebuah kelembagaan atau organisasi yang memiliki fokus pada pembelajaran tilāwatil qur’an. Dalam kaitannya dengan membaca al-Qur’an, pembaca dianjurkan menggunakan nada dan suara yang bagus ketika membacanya, serta memperhatikan kaidah membaca sesuai dengan tajwīd, fāṣaḥah, dan makhārijul huruf. Namun, selama ini pembelajaran tilāwatil qur’ān hanya dianggap sebagai seni saja, tanpa adanya kesadaran terhadap nilai-nilai pendidikan Islam. Nilai pendidikan Islam seringkali dilupakan sehingga banyak peserta didik yang tidak dapat mencapai target yang diinginkan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah proses dan keteguhan hati dalam mengamalkan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam pembelajaran tilāwatil qur’ān tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik studi kasus. Sedangkan untuk pemeriksaan keabsahan data dilkukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran tilāwatil qur’ān di Divisi Tilawah UKM JQH al-Mizan ini dilakukan secara rutin dan berkelanjutan sebanyak tiga kali dalam satu minggu dan diikuti oleh anggota Divisi Tilawah dan kalangan umum non anggota. Pembelajaran dilakukan secara teoritik maupun praktik. (2) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dan diaplikasikan pada pembelajaran tilāwatil qur’ān di Divisi Tilawah UKM JQH al-Mizan meliputi: nilai ‘Abdillāh (taqwa, ikhlaṣ, tawakal, sabar, dan istiqāmah) dan Khālīfah (silaturrahīm, persamaan atau adil, rendah hati, dan berbaik sangka). (3) Hasil atau implikasi dari pembelajaran tilawatil qur’an ini dilihat dapat melatih ketaqwaan, melatih sikap ikhlaṣ, melatih sikap tawakkal, melatih kesabaran, melatih istiqāmah, membiasakan silaturrahīm, melatih sikap persamaan atau adil, melatih sikap berbaik sangka, dan melatih siikap rendah hati. Secara keseluruhan, pembiasaan praktik tilāwatil qur’ān sangat diperlukan agar dapat melatih dan memperkuat nilai-nilai pendidikan Islam pada diri anggota Divisi Tilawah UKM JQH al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nur Saidah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Pembelajaran Tilāwatil Qur’ān, Divisi Tilawah UKM JQH al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Subjects: Pendidikan Agama Islam Jurnal
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Jun 2022 11:42
Last Modified: 23 Jun 2022 11:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51244

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum