PENINGKATAN TARAF HIDUP KAUM DHUAFA MELALUI PROGRAM PESANTREN DHUAFA BAZNAS TAHUN 2019 DI KELURAHAN MUJA MUJU, UMBULHARJO, YOGYAKARTA

Abdullah, NIM.:16540010 (2019) PENINGKATAN TARAF HIDUP KAUM DHUAFA MELALUI PROGRAM PESANTREN DHUAFA BAZNAS TAHUN 2019 DI KELURAHAN MUJA MUJU, UMBULHARJO, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN TARAF HIDUP KAUM DHUAFA MELALUI PROGRAM PESANTREN DHUAFA BAZNAS TAHUN 2019 DI KELURAHAN MUJA MUJU, UMBULHARJO, YOGYAKARTA)
16540010_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN TARAF HIDUP KAUM DHUAFA MELALUI PROGRAM PESANTREN DHUAFA BAZNAS TAHUN 2019 DI KELURAHAN MUJA MUJU, UMBULHARJO, YOGYAKARTA)
16540010_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Program Pesantren Dhuafa yang diselenggarakan oleh BAZNAS Yogyakarta yang merupakan salah satu lembaga penghimpun dan pendistribusian ZIS (Zakat, Infaq dan Shodaqoh) yang diperuntukkan kepada masyarakat yang dianggap kurang mampu. Program Pesantren Dhuafa ini dilaksanakan pada Bulan Ramadhan 1440 H/ 2019 M di Kelurahan Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta. Santri yang mengikuti program tersebut diantaranya ialah tukang atau kuli bangunan, pedagang asongan, tukang becak kayuh. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bentuk peningkatan taraf hidup kaum dhuafa yang menjadi santri di pesantren dhuafa. Selain itu, tujuannya ialah untuk mengetahui implementasi fungsi agama melalui konsep pemberdayaan dalam program pesantren dhuafa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi Objek dalam penelitian ini ialah kaum dhuafa yang menjadi santri di pesantren dhuafa. Untuk metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis melakukan pengamatan secara terlibat dan mengambil data berupa hasil wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori pemberdayaan yang dikemukakan oleh Pijono dan Pranarka. Teori ini digunakan untuk menganalisis bentuk-bentuk pemberdayaan yang dilakukan BAZNAS di program pesantren dhuafa. Teori kedua ialah teori fungsi agama yang dikemukakan oleh Hendropuspito untuk menganalisis implementasi fungsi agama di pesantren dhuafa. Hasil penelitian ini menunjukan bentuk peningkatan taraf hidup kaum dhuafa melalui program pesantren dhuafa yang diselenggarakan oleh BAZNAS Yogyakarta. Bentuk peningkatannya ialah berupa santri mendapatkan motivasi, penyadaran diri untuk meningkatkan etos kerja, ilmu pengetahuan tentang agama dan mampu membaca Al Qur’an. Selain itu, bentuk implementasi fungsi agama, para santri pesantren dhuafa dapat secara tidak langsung dapat diterapkan di dalam program pesantren dhuafa tersebut seperti fungsi edukatif, fungsi pengawasan sosial, fungsi penyelamatan, fungsi memupuk tali persaudaraan, dan fungsi transformatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag., M.Pd., M.A
Uncontrolled Keywords: Kaum Dhuafa, Pemberdayaan, Pesantren Dhuafa.
Subjects: Sosiologi Agama
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Jun 2022 11:23
Last Modified: 29 Jun 2022 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51355

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum