PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH (Studi Pada Beberapa Sekolah Umum Kabupaten Purworejo)

Muh. Wasith Achadi, - (2016) PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH (Studi Pada Beberapa Sekolah Umum Kabupaten Purworejo). Dinamika: Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam, 1 (1). pp. 61-78. ISSN 2502-60460-01

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH (Studi Pada Beberapa Sekolah Umum Kabupaten Purworejo))
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH (Studi Pada Beberapa Sekolah Umum Kabupaten Purworejo).pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1655984162.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview

Abstract

Berawal dari asumsi umum bahwa sebagian besar generasi bangsa Indonesia (yang mayoritas muslim) lebih banyak mengikuti pendidikan di sekolah umum daripada di madrasah, sedangkan Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diterima oleh para siswa muslim di sekolah umum tersebut hanya ‘kulit’ dari ajaran agama Islam. Imbasnya adalah banyak siswa muslim dari sekolah umum yang pemahaman agamanya sangat dangkal dan tidak kaffah serta semata-mata hanyalah aspek kognitif yang menjadi prioritas pembahasannya. Untuk pengamalan dan penghayatan terhadap aqidah dan akhlak Islam, menjadi jauh dari harapan. Oleh karena itu, Pendidikan Agama Islam pada sekolah umum mulai dari level Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas harus mendapatkan pengembangan, modifikasi, inovasi dan program-program belajar tambahan agar tujuan integral dari Pendidikan Agama Islam tersebut dapat dicapai secara optimal sehingga pembelajaran PAI lebih berdaya di sekolah umum. Program Sekolah Berwawasan Budi Pekerti yang diluncurkan di sekolah-sekolah umum merupakan salah satunya. Inti dari program pendidikan ini adalah upaya untuk mewujudkan para siswa yang memiliki budi pekerti atau moral yang luhur, yang dalam konteks agama Islam adalah akhlak karimah. Pertanyaannya adalah bagaimana implementasi dan efektivitas program pendidikan budi pekerti di sekolah umum? Bagaimana pula pengembangan dan pemberdayaan PAI di sekolah umum yang melaksanakan program sekolah berwawasan budi pekerti? Penelitian ini mengambil obyek di SD Negeri, SMP Negeri dan SMA Negeri yang telah melaksanakan program tersebut sejak tahun 2007 di wilayah kabupaten Purworejo. Penelitian ini, berusaha mendeskripsikan sekolah berwawasan budi pekerti yang kemudian menguraikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari implementasi program pendidikan budi pekerti tersebut. Pendekatan kajiannya menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik yang melakukan pembahasan secara deskriptif komprehensif dan alamiah terhadap fokus penelitian dalam suatu kesatuan sistem pendidikan, dengan metode observasi lapangan, wawancara, dokumentasi, serta menguji kevalidan data dengan mempersering interaksi dengan sumber-sumber utama, observasi lebih tekun dan melakukan uji triangulasi. Menggunaan metode deskriptif analisis, analisis lintas kasus serta penalaran induktif dan komparatif untuk mengolah, membahas dan menganalisis hasil-hasil temuan. Dalam penelitian ini ditemukan suatu pola pengembangan dan pemberdayaan pembelajaran PAI yang terintegrasi dalam program sekolah berwawasan budi pekerti, yakni untuk lebih meningkatkan penanaman moral/akhlak bagi para siswa lebih banyak dilakukan melalui kegiatan-kegiatan luar kelas yang membiasakan dan membudayakan menjunjung tinggi budi pekerti luhur. Pengembangan kurikulum dengan menyisipkan nilai-nilai budi pekerti dalam setiap pembelajaran di kelas. Dengan adanya model seperti ini, terjadi efektivitas penanaman budi pekerti pada para siswa di sekolah-sekolah umum. Adanya program pendidikan budi pekerti juga menjadikan suatu hidden curriculum yang terukur dan teratur bagi proses pembelajaran PAI di sekolah. Hal ini sangat berpengaruh kepada keberdayaan PAI di sekolah tersebut di mana persoalan klasik tentang kurangnya jumlah jam pelajaran PAI di sekolah umum secara efektif dapat teratasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti, Sekolah Umum
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 24 Jun 2022 05:24
Last Modified: 24 Jun 2022 05:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51393

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum